Manajemen Sarana Dan Prasarana Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Pondok Pesantren Al-Amien Ngasinan Rejomulyo Kota Kediri

Khasanah, Nadihyatin (2022) Manajemen Sarana Dan Prasarana Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Pondok Pesantren Al-Amien Ngasinan Rejomulyo Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932403218_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932403218_bab1.pdf

Download (454kB)
[img] Text
932403218_bab2.pdf

Download (384kB)
[img] Text
932403218_bab3.pdf

Download (248kB)
[img] Text
932403218_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB)
[img] Text
932403218_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
932403218_bab6.pdf

Download (102kB)
[img] Text
932403218_daftarpustaka.pdf

Download (323kB)
[img] Text
932403218_suratpernyataan.pdf

Download (400kB)

Abstract

Nadihyatin Khasanah, 932403218, Manajemen Sarana dan Prasarana Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran di Pondok Pesantren Al-Amien Ngasinan Rejomulyo Kota Kediri. Dosen Pembimbing I. Addin Arsyadana, M.Pd.I Pembimbing II. Nurul Huda Purnomo, M.Pd. Fakultas Tarbiyah Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2022. Kata Kunci: Manajemen Sarana dan Prasarana, Mutu Pembelajaran Penelitian ini dilatar belakangi oleh tersedianya sarana dan prasarana yang sangat memdai kebutuhan para santri, sehingga menjadikan rasa kenyamanan dan minat dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dan salah satu tombak keberhasilan mutu pembelajaran adalah tersedianya sarana dan prasarana. Hal ini menjadi alasan peneliti adalah: 1) Perencanaan Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pembelaran. 2) Pengadaan Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. 3) Penggunaan Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. 4) Pemeliharaan Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan) yang penggalian datanya dilapangan. Metode pengumpulan data yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini diantaranya: Reduksi data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, kemudian untuk pengecekan keabsahan data diantaranya: triangulasi, perpanjangan keikutsertaan, dan Ketekunan pengamatan.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Perencanaan dilaksanakan setiap 6 bulan sekali ketika mendekati liburan santri, dan setiap bulan terdapat perencanaan meliputi perbaikan fasilitas, tidak semua pihak pondok pesantren yang bisa mengikuti dalam kegiatan tersebut, kebutuhan yang diutamakan yaitu kebutuhan yang benar-benar dibutuhkan. 2) Pengadaan dilakukan sesuai hasil rencana yang sudah dibuat dan diikuti oleh beberapa penanggung jawab dan terkait sumber dana berasar dari beberapa pembayaran dan membentuk pengajuan RAB 3) Penggunaan dilaksanakan sesuai dengan waktu dan jadwal penggunaan, selain itu dibantu dengan adanya sosialisasi beserta pembentukan SOP yang sudah dibuat oleh pengurus harian. 4) Pemeliharaan dilaksanakan berdasarkan waktu yang terdapat piket kebersihan dan setiap penggunaan dihimbau untuk mengembalikan barang sesuai penempatan, kemudian setiap bulan ada pemeriksaan dari pihak penanggung jawab terhadap fasilitas-fasilitas yang ada. Upaya dalam meningkatkan mutu pembelajaran yaitu dengan cara penggunaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana yang baik dan antar kerja sama yang baik pula.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nadihyatin Khasanah
Date Deposited: 29 Aug 2022 03:21
Last Modified: 29 Aug 2022 03:21
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5588

Actions (login required)

View Item View Item