Rani, Sari Puspita (2022) Pengembangan Instruments Tes Berbasis Hots ( high order thinking skill) pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X di MA Al-Makhrusiyah Kota Kediri Tahun 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932110118_prabab (1).pdf Download (634kB) |
|
Text
932110118_bab1.pdf Download (649kB) |
|
Text
932110118_bab2.pdf Download (660kB) |
|
Text
932110118_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (678kB) |
|
Text
932110118_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (701kB) |
|
Text
932110118_bab5.pdf Download (388kB) |
|
Text
932110118_daftarpustaka.pdf Download (454kB) |
|
Text
932110118_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
932110118_suratpernyataan.pdf Download (180kB) |
Abstract
ABSTRAK SARI PUSPITA RANI, 2022. Pengembangan Instruments Tes Berbasis Hots(High Order Thinking Skill) Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X di MA Al-Mahrusiyah Kota Kediri 2021/2022, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Ninik Zuroidah M.Si dan (2) Eka Sulistya Wati, M.Pd. Kata Kunci: Instrumen Tes, Sejarah Kebudayaan Islam, Higher Order Thinking Skill (HOTS) Penelitian ini di latar belakangi oleh pentingnya meningkatkan mutu pendidikan dengan melatih peserta didik agar memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi. Salah satu upayanya adalah memberikan instruments tes berbasis higher order thinking skill (HOTS) dalam mengevaluasi hasil belajar siswa. Misi tersebut dapat berjalan dengan lancar apabila soal-soal disusun berdasarkan prosedur yang benar. Dalam hal ini peneliti mengembangkan soal tes berbasis higher order thinking skill (HOTS) pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MA Al-Mahrusiyah Kota Kediri.Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui prosedur pengembangan Instruments tes berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas X-IIS di MA Al Mahrusiyah Kota Kediri. (2) Untuk mengetahui uji validitas produk instruments tes berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas X-IIS di MA Al-Mahrusiyah Kota Kediri. Berdasarkan lokasi sumber datanya, penelitian ini, penelitian ini termasuk kategori penelitian lapangan. Jika penelitian ini ditinjau dari segi sifat data maka penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dan kuantitatif. Jika ditinjau dari segi tujuan penelitiannya, penelitian ini termasuk kategori penelitian dan pengembangan (Research and Development). Teknik pengumpulan data dengan instrument penelitian berupa angket. Analisisis data dengan mencocokkan hasil data kuantitatif dengan pedoman interpretasi kriteria kelayakan soal tes. Hasil penelitian dan pengembangan yaitu (1) instruments tes yang ada di MA Al-Mahrusiyah Kota Kediri memiliki kualitas tingkat kognitif menjelaskan (C2) sehingga belum menyentuh tingkat kognitif berpikir tingkat tinggi atau higher order thinking skill (HOTS) (2) Proses pengembangan instruments tes pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam semester genap ini terdiri dari empat tahap yakni: a) pendefinisian (define), b) perancangan (desain), c) tahap pengembangan (develop), d) tahap penyebaran (disseminate), (3) produk yang dihasilkan dari proses penelitian dan pegembangan berupa instrument tes pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas X di MA Al-Mahrusiyah Kota Kediri ini dinyatakan layak digunakan dan diimplementasikan berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sari Puspita Rani |
Date Deposited: | 10 Aug 2022 07:16 |
Last Modified: | 10 Aug 2022 07:16 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5571 |
Actions (login required)
View Item |