Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pada Materi Bangun Ruang

Afandi, Moh. Rizal (2022) Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pada Materi Bangun Ruang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932601818_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932601818_bab1.pdf

Download (374kB)
[img] Text
932601818_bab2.pdf

Download (329kB)
[img] Text
932601818_bab3.pdf

Download (242kB)
[img] Text
932601818_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text
932601818_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text
932601818_bab6.pdf

Download (93kB)
[img] Text
932601818_daftarpustaka.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keresahan guru terkait kesulitan belajar yang dialami siswa pada mata pelajaran matematika. Pelajaran matematika merupakan pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa dan menjadi pelajaran yang memiliki peminat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kesulitan belajar matematika siswa kelas 5 pada materi bangun ruang serta faktor penyebabnya. Kesulitan belajar matematika merupakan masalah yang terus berkembang dan sering terjadi sehingga hal ini menghasilkan strategi-strategi instruksional yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi siswa serta menangani kesulitan belajar yang dialami siswa. Sebagai seorang pengajar guru perlu mengetahui kesulitan yang dialami siswa serta faktor penyebab kesulitan tersebut sehingga nantinya dapat menentukan solusi untuk permasalahan tersebut. Adapun fokus penelitian ini: 1) Bagaimana kesulitan belajar yang dialami siswa kelas 5 pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang di SD Negeri 1 Sumberkepuh? 2) Apa faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas 5 pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang di SD Negeri 1 Sumberkepuh? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes soal bangun ruang serta wawancara mendalam. Dalam mengecek keabsahan data peneliti mengguanakn triangulasi sumber. Adapun teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah display data, reduksi data, dan penyimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Kesulitan belajar yang dialami siswa terdiri dari tiga hal yaitu kesulitan dalam mengingat rumus serta simbol bangun ruang (kubus, balok, kerucut dan tabung), kemudian kesulitan dalam menyimpulkan informasi dari soal cerita, dan kesulitan dalam melakukan operasi perkalian. 2) Adapun faktor penyebab siswa mengalami kesulitan belajar terdiri dari faktor internal serta faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor dari diri anak itu sendiri.Contohnya intelengensi serta karakter siswa. Sedangkan faktor eksternal merupakan faktor dari luar dari anak. Contohnya lingkungan keluarga berupa pola asuh keluarga dan lingkungan sekolah berupa ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran. Selain faktor internal serta eksternal, penyebab siswa mengalami kesulitan belajar adalah tidak terbisanya siswa dalam mengerjakan soal cerita. Adapun kesulitan siswa dalam mengerjakan soal cerita termasuk dari faktor dasar khusus.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Moh Rizal Afandi
Date Deposited: 10 Aug 2022 06:30
Last Modified: 10 Aug 2022 06:30
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5568

Actions (login required)

View Item View Item