Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 8 Kediri

Muhlisin, Muhlisin (2015) Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 8 Kediri. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92100512011 prabab.pdf

Download (585kB)
[img] Text
92100512011 BAB I.pdf

Download (346kB)
[img] Text
92100512011 BAB II.pdf

Download (385kB)
[img] Text
92100512011 BAB III.pdf

Download (480kB)
[img] Text
92100512011 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (982kB)
[img] Text
92100512011 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text
92100512011 BAB VI.pdf

Download (282kB)
[img] Text
92100512011 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (279kB)

Abstract

Kompetensi pedagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Kompetensi profesional adalah kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkannya membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan dalam Standar Nasional Pendidikan. Dengan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru yang baik maka dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Studi dalam penelitian ini mengenai pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 8 Kediri. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 8 Kediri. (2) Untuk mengetahuipengaruh kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 8 Kediri. (3) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 8 Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, populasi penelitian ini adalah guru kelas X dan XI SMA Negeri 8 Kediri dengan jumlah 54 orang. Pengumpulan data dengan metode angket dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif menggunakan statistik dengan teknik analisis Korelasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Kompetensi pedagogik guru SMA Negeri 8 Kediri semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015 dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 4,1069. Kompetensi profesional guru dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 4,0628. Prestasi belajar siswa dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 3,0239. (2) Kompetensi pedagogik guru tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 8 Kediri, ini terlihat dari angka probabilitas kompetensi pedagogik (X1)dengan prestasi belajar siswa (Y) sebesar 0,186 yang lebih besar dibanding dengan angka taraf nyata (α) 0,05, maka dapat dikatakan prestasi belajar siswa tidak dipengaruhi oleh kompetensi pedagogik guru. (3) Kompetensi profesional guru tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 8 Kediri, ini terlihat dari angka probabilitas kompetensi profesional (X2) dengan prestasi belajar siswa (Y) sebesar 0,834 yang lebih besar dibanding dengan angka taraf nyata (α) 0,05, maka dapat dikatakan prestasi belajar siswa tidak dipengaruhi oleh kompetensi profesional guru. (4) Kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 8 Kediri, ini terlihat dari skor korelasi (rhitung) kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa sebesar 0,242277399, maka dapat dikatakan prestasi belajar siswa tidak dipengaruhi oleh kompetensi pedagogik maupun kompetensi profesional guru. Faktor penyebab hasil penelitian ini tidak sejalan dengan teori adalah (1) Faktor usia,yang mana pada usia SMA prestasi belajar siswa lebih didominasi oleh faktor internal daripada faktor eksternal. (2) Penilaian guru terhadap siswa tidak obyektif sehingga nilai yang diperoleh siswa tidak menggambarkan prestasi siswa yang sebenarnya. Akhirnya prestasi belajar siswa tidak dipengaruhi oleh kompetensi pedagogik maupun kompetensi profesional guru.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:12
Last Modified: 10 Aug 2022 02:12
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5565

Actions (login required)

View Item View Item