Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa

Mutholiin, Luluk Liana (2015) Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932121811_PRA BAB.pdf

Download (381kB)
[img] Text
932121811_BAB I.pdf

Download (402kB)
[img] Text
932121811_BAB II.pdf

Download (278kB)
[img] Text
932121811_BAB III.pdf

Download (433kB)
[img] Text
932121811_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text
932121811_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
932121811_BAB VI.pdf

Download (658kB)

Abstract

Motivasi belajar sangatlah penting bagi siswa karena dengan motivasi belajar yang tinggi akan mendorong siswa untuk belajar dengan giat. Motivasi pada dasarnya adalah suatu usaha untuk meningkatkan kegiatan dalam mencapai suatu tujuan tertentu, termasuk didalamnya kegiatan belajar mengajar. Secara lebih khusus jika orang menyebutkan motivasi belajar yang dimaksudkan tentu segala sesuatu yang ditujukan untuk mendorong atau memberikan semangat kepada seseorang yang melakukan kegiatan belajar agar menjadi lebih giat lagi dalam belajarnya untuk memperoleh motivasi yang lebih baik. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana upaya guru sejarah kebudayaan islam dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas VII MTsN Tanjungtani. Penelitian yang dilakukan termasuk dalam penelitian kualitatif yaitu studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa upaya yang dilakukan oleh guru untuk memotivasi belajar siswa dilakukan dengan beberapa hal yaitu dengan penggunaan strategi atau metode pembelajaran yang digunakan dan penggunaan LCD pada saat menjelaskan materi. Pemberian nasehat dan pujian pada siswa. Sedangkan faktor pendukung dalam upaya yang dilakukan guru untuk memotivasi siswa terdapat pada ketersediaan alat atau media pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan jumlah media audio visual yang digunakan dalam pembelajaran yang ada yaitu LCD dan kondisi siswa yang ramai ketika pembelajaran berlangsung

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220405 Religion and Society
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Adel Adel
Date Deposited: 09 Aug 2022 02:02
Last Modified: 09 Aug 2022 02:02
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5510

Actions (login required)

View Item View Item