Analisis Pemikiran Haedar NashirTentang Pendidikan Karakter Berbasis Agama Dan Budaya

Subroto, Nanang (2015) Analisis Pemikiran Haedar NashirTentang Pendidikan Karakter Berbasis Agama Dan Budaya. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932121710_PRA BAB.pdf

Download (315kB)
[img] Text
932121710_BAB 1.pdf

Download (417kB)
[img] Text
932121710_BAB 2.pdf

Download (544kB)
[img] Text
932121710_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
932121710_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB)
[img] Text
932121710_BAB 5.pdf

Download (88kB)

Abstract

Salah satu aspek penting proses pendidikan adalah membangun karakter anak didik. Karakter merupakan standar atau norma dan sistem nilai yang terimplementasi dalam berbagai bentuk kualitas diri. Hal ini sejalan dengan pemikiran Haedar Nashir tentang pendidikan karakter yang mengkolaborasikan antara agama sebagai sumber keyakinan bangsa dengan nilai luhur adat kebiasaan Indonesia yang menjadi ciri khasnya. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) bagaimana pemikiran Haedar Nashir tentang pendidikan karakter berbasis agama dan budaya? 2) bagaimana relevansinya bagi pendidikan di Indonesia? Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), dengan fokus dan ruang lingkup penelitian pendidikan karakter berbasis agama dan budaya karya Haedar Nashir. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pemikiran Haedar Nashir tentang pendidikan karakter berbasis agama dan budaya ini mengarah pada penciptaan karakter siswa dalam kompetensinya pada kurikulum pendidikan di Indonesia saat ini yang meliputi: jujur, berani, amanah, adil, bijaksana, tanggung jawab, disiplin,mandiri, malu, kasih sayang, indah, toleran, dan cinta bangsa. 2) Pendidikan karakter dalam kehidupan masyarakat Indonesia yang religius memiliki relevansi sekaligus penguatan (revitalisasi) dalam kesadaran teologiteologi agama, termasuk agama Islam yang dipeluk oleh mayoritas bangsa Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Adel Adel
Date Deposited: 09 Aug 2022 02:00
Last Modified: 09 Aug 2022 02:00
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5504

Actions (login required)

View Item View Item