Efektivitas Metode An-Nahdliyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an Di Kelas VIII MTsN Purwoasri Kediri

Novarida, Dianita (2014) Efektivitas Metode An-Nahdliyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an Di Kelas VIII MTsN Purwoasri Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932121311_PRA BAB.pdf

Download (744kB)
[img] Text
932121311_BAB I.pdf

Download (540kB)
[img] Text
932121311_BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932121311_BAB III.pdf

Download (559kB)
[img] Text
932121311_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text
932121311_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[img] Text
932121311_BAB VI.pdf

Download (294kB)
[img] Text
932121311_Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB)

Abstract

Masa anak-anak adalah masa yang tepat dalam memberikan pembelajaran. Terlebih pembelajaran Al-Qur’an. Dimana Usia anak (0-5 tahun) merupakan usia keemasan (golden age). Tugas selanjutnya adalah bagaimana kita bisa memberikan pengajaran Al-Qur’an dengan baik agar hasil dari pengajaran tersebut menjadi baik pula. Untuk mencapai hasil yang baik, maka salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilanya adalah metode yang diberikan dalam membaca Al-Qur’an. Banyak sekali metode yang telah berkembang. Namun pemilihan metode ini perlu diperhatikan. Diperlukan pemilihan yang khusus untuk memilih dan menggunakan metode dalam membaca Al-Qur’an agar relevan dengan zaman yang ada. Fokus penelitian adalah (1) Bagaimanakah proses pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode An-Nahdliyah di kelas VIII MtsN Purwoasri Kabupaten Kediri, (2) Bagaimanakah Kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa kelas VIII MTsN Purwoasri Kabupaten kediri dan (3) Bagaimanakah Efektivitas metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa di kelas VIII MTsN Purwoasri Kabupaten Kediri Dalam penelitian ini Peneliti menggunakan penelitian lapangan (penelitian Kancah), dengan pendekatan kualitatif, adapun jenis dari penelitian ini adalah etnografi (Penelitian Lapangan). Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi, penyajian, lalu menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan tekhnik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi dan tahap-tahap penelitian dalam skripsi ini yaitu: Tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap penulisan laporan. Berdasarkan hasil analisa data, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut, bahwa proses pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode An-Nahdliyah di kelas VIII MtsN Purwoasri berjalan dengan baik dan dengan kondusif. Sehingga hal ini dapat dampak pada hasil kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa yang semakin membaik. Dan dapat diakui bahwa metode An-Nahdliyah efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis di kelas VIII MTsN Purwoasri Kabupaten Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021402 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Adel Adel
Date Deposited: 09 Aug 2022 01:45
Last Modified: 09 Aug 2022 01:45
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5500

Actions (login required)

View Item View Item