Wati, Yuni Rahma (2022) Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTs Sunan Ampel Deyeng – Ringinrejo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932137618_prabab.pdf Download (650kB) |
|
Text
932137618_bab1.pdf Download (177kB) |
|
Text
932137618_bab2.pdf Download (210kB) |
|
Text
932137618_bab3.pdf Download (98kB) |
|
Text
932137618_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
|
Text
932137618_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
|
Text
932137618_bab6.pdf Download (143kB) |
|
Text
932135718_daftarpustaka.pdf Download (318kB) |
|
Text
932137618_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932137618_suratpernyataan-1.pdf Download (247kB) |
Abstract
ABSTRAK YUNI RAHMA WATI, Dosen Pembimbing Dr. AHMAD TAUFIQ, S. Ag. M. Si, dan NURUL AHSIN, M.Pd.I. Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTs Sunan Ampel Deyeng – Ringinrejo, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2022. Kata kunci : Kreativitas guru, Sejarah Kebudayaan Islam, Minat Baca Minat baca siswa dalam mata pelajaran tertentu dapat ditingkatkan melalui kreativitas guru dalam proses pembelajaran. Pada dasarnya minat itu tumbuh karena adanya dorongan dari masing – masing. Maka dari itu, kemampuan seseorang guru dalam mengajar sangatlah penting untuk mencapai tujuan pembelajaran sekaligus menumbuhkan minat baca bagi siswa. Penelitian ini difokuskan pada: 1) Bagaimana Minat Baca Siswa Kelas VIII di MTs Sunan Ampel Deyeng –Ringinrejo?, 2) Bagaimana Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa?, 3) Apa Saja Faktor Pendukung dan Penghambat Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Untuk pengumpulan data penelitian menggunakan beberapa metode yakni metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan informasi dari guru SKI, Staff TU dan Siswa kelas VIII. Sedangkan untuk menganalisis data peneliti menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, interpretasi data, dan juga penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian didapatkan bahwa: 1) Minat baca siswa kelas VIII di MTs Sunan Ampel masih rendah dengan terdapat beberapa siswa yang masih kurang dalam membaca bacaan dari berbagai sumber referensi, 2) Kreativitas guru dalam meningkatkan minat baca siswa yaitu: a. menayangkan materi melalui video pembelajaran, b. sistem penugasan pada siswa, c.mengaplikasikan metode mind mapping, 3) Faktor pendukung dari kreativitas guru dalam meningkatkan minat baca siswa kelas VIII adalah dengan adanya dorongan, semangat, serta keinginan guru dalam meningkatkan minat baca sedangkan faktor penghambatnya yakni kurangnya sumber belajar, dan juga rasa malas yang ada pada diri guru maupun siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yuni Rahma Wati |
Date Deposited: | 09 Aug 2022 02:50 |
Last Modified: | 09 Aug 2022 02:50 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5498 |
Actions (login required)
View Item |