Muniri, Akhmad Kamarul (2015) Metode Pembelajaran Guru Qur’an-Hadits Di MAN Kediri II Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932119411_PRA BAB.pdf Download (912kB) |
|
Text
932119411_BAB I.pdf Download (412kB) |
|
Text
932119411_BAB II.pdf Download (994kB) |
|
Text
932119411_BAB III.pdf Download (362kB) |
|
Text
932119411_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) |
|
Text
932119411_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) |
|
Text
932119411_BAB VI.pdf Download (193kB) |
|
Text
932119411_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (400kB) |
|
Text
932119411_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Di Madrasah Aliyah dalam pembelajaran Qur’an-Hadits diharapakan para peserta didik mampu membaca al-Qur’an dengan fasih dan benar sesuai dengan kaidah tajwid dan mampu menulis al-Qur’an dengan baik dan benar. Dibidang hadits para peserta didik mampu menguasai/menghafal hadits-hadits pilihan. Melihat realitas yang ada di lapangan banyak para lulusan Madrasah aliyah dimana Madrasah Aliyah adalah berbasis agama ternyata masih banyak kita temukan anak-anak yang tidak bisa baca al-Qur’an dan menulis al-Qur’an dengan benar. Hafalan haditspun Cuma bisa dihitung oleh jari. Ini semua berkorelasi dengan Metode pembelajaran guru yang dilakukan disekolah yang berbasis agama. Dari realitas tersebut penulis menentukan fokus penelitian,di antaranya: 1) Bagaimana Metode pembelajaran guru Qur’an-Hadits di MAN Kediri II Kota Kediri?. 2) Apa faktor pendukung dan penghambat Metode pembelajaran guru Qur’an-Hadits di MAN Kediri II Kota Kediri?. Pendekatan penelitian dalam skripsi ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini bersifat deskriptif: yaitu gambaran terhadap fakta lapangan dengan memaparkan dat-data lapangan. Jenis data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu data tertulis dan data tidak tertulis. Prosedur pengumpulan data, yaitu dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan sumber data yaitu guru Qur’an-Hadits, dan siswa. Adapun analisis data digunakan yaitu reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran guru Qur’an-Hadits di Madrasah Aliyah Negeri Kediri II Kota Kediri mulai dari metode pembelajaran guru yang diterapkan dan faktor pendukung dan penghambat metode pembelajaran guru sudah bisa dikatakan baik, sebab melihat dari guru sebelum menggunakan metode-metode pembelajaran, guru Qur’an�Hadits lebih selektif memilih metode yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar, dimana metode-metode tersebut disesuaikan dengan materi pelajaran, kondisi dan karakteristik peserta didik
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220405 Religion and Society |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Adel Adel |
Date Deposited: | 08 Aug 2022 08:16 |
Last Modified: | 08 Aug 2022 08:16 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5490 |
Actions (login required)
View Item |