Kusuma, Ega Widya (2015) Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Bab Khulafaur Rasyidin Kelas X Bahasa Semester 2 Dengan Menggunkan Metode Peer Teaching di MAN Kediri II Kota Kediri Tahun Ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932119111PRA BAB.pdf Download (671kB) |
|
Text
932119111_BAB I.pdf Download (425kB) |
|
Text
932119111_BAB II.pdf Download (448kB) |
|
Text
932119111_BAB III.pdf Download (436kB) |
|
Text
932119111_Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (729kB) |
|
Text
932119111_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) |
|
Text
932119111_BAB VI.pdf Download (190kB) |
|
Text
932119111_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (300kB) |
Abstract
Salah satu cara agar tercapainya tujuan pembelajaran adalah penggunaan metode yang tepat, sehingga dapat memberikan pengaruh positif terhadap proses kegiatan pembelajaran. Mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam termasuk mata pelajaran yang sukar dipahami, sehingga dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik harus melibatkan peserta didik langsung dalam proses pembelajaran, maka disini peneliti menerapkan suatu metode, yaitu metode peer teaching.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana penerapan metode peer teaching untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas X Bahasa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam bab Khulafaur Rasyidin Semester II di MAN Kediri2 Kota Kediri ? 2) Apakah metode peer teaching dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik dan kelas X Bahasa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam bab Khulafaur Rasyidin Semester II di MAN Kediri2 Kota Kediri ? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dalam hal ini yang diteliti adalah peserta didik yang ada dikelas X bahasa MAN Kediri II Kota Kediri. Dalam penelitian ini menggunakan beberapa siklus yang mengikuti alur pokok yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dan untuk memperoleh data yang valid peneliti memperolehnya dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa prestasi belajar peserta didik meningkat dengan indikator sebagai berikut 1) Penerapan metode peer teachingdi kelas X bahasa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MAN Kediri II Kota Kediri adalah pertama-tama guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok sesuai dengan topik yang akan dipelajari, kemudian masing-masing kelompok mempelajari satu topik materi yang sudah disepakati, setiap kelompok menyiapkan strategi untuk menyampaikan materi kepada teman sekelas, setiap kelompok menyampaikan materi yang telah disepakati, setelah kelompok sudah menyampaikan materi guru memberikan kesimpulan dari materi yang telah disampaikan oleh kelompok tersebut. 2) Peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MAN Kediri II Kota Kediri kelas X bahasa dengan menggunakan metode peer teaching, pra siklus prosentase ketuntasan 78,7% dengan rata-rata kelas 80,5, dan pada siklus pertama prosentase ketuntasan 87,7 % dengan rata-rata kelas 84,9, pada siklus kedua prosentase ketuntasan peserta didik menurun menjadi 66,6 % dengan rata-rata kelas 80,1 hal viii ini dikarenakan evaluasi siklus kedua dilaksanakan setelah libur panjang yang ada disekolah tersebut karena adanya kegiatan try out untuk kelas XII, siklus ketiga prosentase ketuntasan peserta didik sangat meningkat menjadi 100% dengan rata�rata kelas 88,6
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Adel Adel |
Date Deposited: | 08 Aug 2022 08:13 |
Last Modified: | 08 Aug 2022 08:13 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5489 |
Actions (login required)
View Item |