Frianto, M.Arif (2015) Pembinaan Moral Siswa Melalui Pembelajaran Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kandangan-Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932119008_PRA BAB.pdf Download (568kB) |
|
Text
932119008_BAB I.pdf Download (214kB) |
|
Text
932119008_BAB II.pdf Download (335kB) |
|
Text
932119008_BAB III.pdf Download (373kB) |
|
Text
932119008_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
|
Text
932119008_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) |
|
Text
932119008_BAB VI.pdf Download (13kB) |
|
Text
932119008_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (122kB) |
|
Text
932119008_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Moral dan akhlaq adalah suatu yang amat penting, karena dari moral dan akhlaq inilah manusia berbeda dengan hewan. Akan tetapi bahasan akhlaq dan moral anak didik serta etika masyarakat masih belum serius dicari solusi dan pelaksanaannya. Hal ini terlihat semakin menurunnya etika dan moral anak didik di sekolah maupun di masyarakat. Untuk itu perlu adanya upaya pembinaan moral siswa dengan metode yang tepat sasaran, salah satunya yaitu melalui pembelajaran Akidah Akhlak sebagaimana yang telah dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kandangan-Kediri. Adapun yang menjadi fokus penelitian ini adalah; 1. Bagaimana metode yang digunakan guru dalam pembinaan moral siswa melalui pembelajaran mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN Kandangan? 2.Bagaimana respon siswa terhadap pembinaan moral yang diterapkan oleh guru melalui pembelajaran Akidah Akhlak di MAN Kandangan? 3.bagaimana Moral yang terbangun pada diri siswa di MAN Kandangan? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data diskriptif berupa ucapan atau tulisan dan perilaku yang dapat diamati dari subyek itu sendiri. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi akan dilanjutkan analisis data dengan cara menelaah seluruh data yang telah diperoleh. Kemudian dilanjutkan dengan mengorganisasikan dan mengurutkan data ke dalam pola, kategori dan satuan uraian dasar terhadap data yang telah terkumpul. Tahap akhir mengadakan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan atau kedalaman observasi dan trianggulasi. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa; 1). Metode pembinaan moral siswa melalui pembelajaran Akidah Akhlak di MAN Kandangan, yaitu; a. Metode ceramah atau nasehat, b. Melalui keteladanan, c. Melalui Pembiasan, dan d. Hukuman. 2) Respon siswa terhadap metode pembinaan moral di MAN Kandangan, yaitu: a. siswa bisa aktif, b. Minat siswa juga meningkat dan c.Motivasi belajar siswa juga meningkat. 3) Adapun moral yang terbangun pada siswa- siswi yaitu berupa: a. Moral agama hal tersebut dapat di lihat dari melakukan aktivitas keagamaan, seperti sholat duha, dhuhur dan asyar berjamaah, dan tadarus al-Qur’an b. moral hukum; kesadaran siswa dalam kedisiplinan dan ketaatan menjalankan tata tertib sekolah, dan c. Moral sosial seperti bakti sosial, menyapa teman satu sama lain, membagikan daging kurban dan zakat fitrah pada saat bulan Ramadhan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030201 Morals (Akhlak) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Adel Adel |
Date Deposited: | 08 Aug 2022 08:10 |
Last Modified: | 08 Aug 2022 08:10 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5488 |
Actions (login required)
View Item |