Hasanah, Alfina Lailatul (2022) Analisis Proses Penilaian Sikap Religius Siswa SDN Ringinanyar 01 Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932116818_prabab.pdf Download (783kB) |
|
Text
932116818_bab 1.pdf Download (420kB) |
|
Text
932116818_bab 2.pdf Download (666kB) |
|
Text
932116818_bab 3.pdf Download (319kB) |
|
Text
932116818_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) |
|
Text
932116818_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) |
|
Text
932116818_bab 6.pdf Download (189kB) |
|
Text
932116818_ daftar pustaka.pdf Download (399kB) |
|
Text
932116818_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (611kB) |
|
Text
932116818_suratpernyataan.pdf Download (85kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan proses penilaian sikap religius, hasil penilian sikap religius, pemanfaatan dan tindak lanjut dari hasil penilaian sikap religius siswa SDN Ringinanyar 01 Ponggok Blitar, dengan sekolahan yang dipilih tekait adanya suatu keunikan diakarenakan sekolah umum degan basic sekolah formal (Sekolah Dasar Negeri) dengan 177 siswa, namun budaya sekolah yang diterapkan begitu Islami. Dibuktikan dengan tertib dan santunnya mereka dalam melaksanakan budaya sekolah, seperti sholat sunnah Dhuhah berjamaah, membaca Al-Quran, dan infaq pada hari Jumat. Disamping itu lulusan dari sekolah ini melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dengan basic Islami (Madrasah Tsanawiyah dan berada di pondok). Adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode dengan memberikan keaslian data dari hasil penelitian langsung di lapangan. Penelitian ini dilakukan di SDN Ringinanyar 01 Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar, dengan mengambil narasumber guru PAI, Kepala sekolah, dan siswa sampel dari kelas 4, 5, dan 6. Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa 1) kegiatan proses penilaian sikap religius terdapat pada beberapa kegiatan keagamaan diantaranya yakni sholat dhuha berjamaah, membaca Al-Qur’an, hafalan Juz ‘Amma, infaq hari jum’at serta tahlil dan istighosah. Dalam penilaian ini dilaksanakan setiap hari setiap kegiatan berlangsung, guru Pendidikan Agama Islam memonitoring hasil kegiatan 1 minggu sekali. 2) kegiatan-kegiatan keagamaan tersebut menghasilkan sikap-sikap yang mampu mengubah pribadi peseta didik menjadi lebih baik seperti ketaatan dalam melaksanakan ibadah, silaturrahmi, menutup aurat, bermanfaat bagi orang lain. 3) proses penilaian sikap religius yakni menggunakan media yakni buku jurnal kegiatan peserta didik yang digunakan sebagai media monitoring atau mengawasi peserta didik dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan keagamaan yang ada di sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Alfina Lailatul Hasanah |
Date Deposited: | 11 Aug 2022 01:52 |
Last Modified: | 11 Aug 2022 01:52 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5486 |
Actions (login required)
View Item |