Nurrohmah, Yunita Asri (2022) Pengembangan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Pecahan Kelas III SD Aisyiyah 1 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932610718_prabab-1.pdf Download (389kB) |
|
Text
932610718_bab1.pdf Download (433kB) |
|
Text
932610718_bab2.pdf Download (578kB) |
|
Text
932610718_bab3.pdf Download (624kB) |
|
Text
932610718_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
932610718_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
|
Text
932610718_daftarpustaka.pdf Download (408kB) |
|
Text
932610718_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
Text
932610718_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (200kB) |
Abstract
YUNITA ASRI NURROHMAH, Dosen Pembimbing Dr. Fartika Ifriqia, M.Pd dan Choirul Annisa, M.Pd “Pengembangan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Pecahan Kelas III SD Asyiyah 1 Nganjuk”. Kata kunci: Penelitian dan Pengembangan, Media Puzzle, Kemampuan Kognitif, Soal Pecahan. Bilangan pecahan merupakan salah satu materi dalam mata pelajaran matematika yang harus dikuasai oleh peserta didik. Penguasaan bilangan pecahan memegang peranan penting sebagai bekal mempelajari materi matematika. Namun pada kenyataanya berdasarkan hasil pengamatan dikelas III C SD Aisyiyah 1 Nganjuk ditemukan bahwa masih banyak peserta didik yang belum bisa menyelesaikan soal pecahan sederhana. Peserta didik masih memerlukan bimbingan dalam menyelesaikan soal. Untuk itu perlunya peran pendidik dalam memfasilitasi peserta didik agar dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui pengembangan media puzzle pecahan. 2) Mengetahui kelayakan media puzzle pada materi pecahan sederhana untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik dalam menyelesaikan soal pecahan di kelas III SD Asyiyah 1 Nganjuk. Pengembangan pada penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengembangan media dengan menentukan ukuran media yang sesuai dengan standar pembelajaran, pemilihan warna yang digunakan, menentukan penempatan komponen atau unsur-unsur tulisan agar sesuai, dan memikirkan keawetan media pembelajaran. Pengembangan pada penelitian ini dianalisis menggunakan metode campuran antara metode kuantitatif dan kualitatif. Subjek dalam pengembangan ini adalah peserta didik kelas III SD Aisyiyah 1 Nganjuk, dosen sebagai ahli media, dan guru matematika sebagai ahli materi. Hasil penelitian pengembangan media puzzle ini oleh ahli media menujukkan skor kelayakan sebesar 97,33%. Hasil skor kelayakan dari ahli materi juga mendapatkan skor 87,69% dengan kategori sangat layak. Sedangkan hasil nilai uji coba peserta didik kelompok kecil memperoleh persentase ketuntasan sebesar 90% dan hasil uji coba peserta didik kelompok besar mendapatkan nilai 85,71%. Namun media ini masih terdapat kekurangan yaitu materi yang dapat digunakan pada media ini hanya materi mengenal pecahan sederhana dan membandingkan pecahan. Sehingga disarankan untuk peneliti selanjutnya dapat mengembangkan media puzzle pada materi lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Yunita Asri Nurrohman |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 07:29 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 07:29 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5484 |
Actions (login required)
View Item |