Ikhsaniah, Nuril (2022) Implementasi Active Learning Strategy Dan Implikasinya Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN Purwotengah 1. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932101218_prabab.pdf Download (669kB) |
|
Text
932101218_bab1.pdf Download (217kB) |
|
Text
932101218_bab2.pdf Download (180kB) |
|
Text
932101218_bab3.pdf Download (130kB) |
|
Text
932101218_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (539kB) |
|
Text
932101218_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
|
Text
932101218_bab6.pdf Download (9kB) |
|
Text
932101218_daftarpustaka.pdf Download (118kB) |
|
Text
Surat persetujuan publikasi NURIL.pdf Download (75kB) |
Abstract
ABSTRAK Nuril Ikhsaniah, Dosen Pembimbing Dr. Iskandar Tsani, M.Ag dan Sufirmansyah, M.Pd.I :Implemetasi Active Learning Strategy di SDN Purwotengah 1 dan Implikasinya Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Purwotengah 1, Provinsi Jawa Timur, Pendidikan Agama Islam Tarbiyah, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci: Active Learning Strategy, Minat Belajar Siswa Active Learning Strategy merupakan proses belajar mengajar yang menggunakan berbagai potensi siswa, sesuai dengan karakter masing-masing siswa. Sedangkan Minat belajar merupakan keinginan atau ketertarikan siswa dalam belajar tanpa adanya paksaan. Membangkitkan minat belajar tentu perlu strategi yang diterapkan oleh guru, dan dalam pemilihan strategi perlu disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan siswanya. Fokus dari penelitian ini yaitu bagaimana implementasi active learning strategy di SDN Purwotengah 1 dan bagaimana implikasi active learning strategy terhadap minat belajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SDN Purwotengah 1? tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi active learning strategy di SDN Purwotengah 1 dan untuk mengetahui implikasi active learning strategy terhadap minat belajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SDN Purwotengah 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, analisis data menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan menggunakan peningkatan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah: Implementasi active learning strategy di SDN Purwotengah 1 sudah berjalan dengan baik. Dalam pembelajaran metode active learning yang sering digunakan guru adalah mencari informasi (Information Search), memberi pertanyaan siswa sebelum pembelajaran dimulai (Learning Starts With A Question), semua murid adalah guru (Everyone Is A Teacher Here), panduan membaca (Reading Guide), pembelajaran terbimbing (Guided teaching). Implikasi active learning strategy terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Purwotengah 1 yaitu siswa menjadi lebih tertarik dalam belajar, siswa juga lebih merasa senang karena menggunakan metode belajar yang berbeda-beda di setiap pertemuan. Siswa terlibat lebih aktif dalam proses pembelajaran, siswa menjadi lebih memperhatikan guru saat mengajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nuril Ikhsaniah |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 07:25 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 07:25 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5482 |
Actions (login required)
View Item |