Romadhoni, Ahmad Indika (2022) Problematika Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Ngadiluwih. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932111518_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932111518_bab1.pdf Download (390kB) |
|
Text
932111518_bab2.pdf Download (265kB) |
|
Text
932111518_bab3.pdf Download (429kB) |
|
Text
932111518_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) |
|
Text
932111518_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) |
|
Text
932111518_bab6.pdf Download (187kB) |
|
Text
932111518_daftarpustaka.pdf Download (417kB) |
|
Text
932111518_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
932111518_Surat Peryataan.pdf Download (264kB) |
Abstract
Problematika guru dalam proses pembelajaran ditandai dengan adanya hambatan atau masalah yang belum dapat dipecahkan atau diatasi oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar demi mencapai hasil yang diinginkan. Keaktifan belajar merupakan kegiatan yang bersifat fisik maupun mental didalam proses pembelajaran. Kegiatan fisik seperti membaca, mendengar, menulis, dan berlatih ke-terampilan. Fokus peneliatan ini yaitu: (1) Apa saja problematika yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VII di SMPN 1 Ngadiluwih? (2) Bagaimana upaya yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi keaktifan belajar siswa kelas VII di SMPN 1 Ngadiluwih?. Dalam penelitian ini pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Informan penelitian adalah kepala sekolah, guru pendidikan agama islam kelas VII dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data merujuk pada pendapat Miles dan Huberman yaitu tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Problematika guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa adalah: (a) Aspek fisiologis (keadaan siswa) yang bad mood karena sakit atau punya masalah, (b) Sikap siswa saat mengikuti pelajaran, (c) Banyak siswa yang tidak hafal bacaan sholat, (d) Metode mengajar guru yang kurang efektif. (2) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi problematika keaktifan belajar siswa adalah: (a) Pemberian Motivasi Belajar dengan Pemberian Nilai atau Reward, Memberikan Pujian, (b) Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru. (c) Membiasakan Membaca Bacaan Salat Sebelum Melakukan Pembelajaran, (d) Mengecek Kesiapan Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ahmad Indika Romadhoni |
Date Deposited: | 09 Aug 2022 04:21 |
Last Modified: | 09 Aug 2022 04:21 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5475 |
Actions (login required)
View Item |