Khotimah, Evi Nur (2022) Implementasi Pembelajaran Kitab Ta'lim al-Muta'allim dalam Meningkatkan Moral Siswa di MA Assalam Jambewangi Selopuro Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932108118_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932108118_bab1.pdf Download (667kB) |
|
Text
932108118_bab2.pdf Download (664kB) |
|
Text
932108118_bab3.pdf Download (321kB) |
|
Text
932108118_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (607kB) |
|
Text
932108118_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (414kB) |
|
Text
932108118_bab6.pdf Download (282kB) |
|
Text
932108118_daftar_pustaka.pdf Download (400kB) |
|
Text
932108118_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
932108118_pernyataan_persetujuan.pdf Download (477kB) |
Abstract
ABSTRAK EVI NUR KHOTIMAH, Dosen Pembimbing Dr. Untung Khoiruddin, M. Pd. I dan Surahmat, M. Hum. : Implementasi Pembelajaran Kitab Ta’lim al-Muta’allim Dalam Meningkatkan Moral Siswa Di MA Assalam Jambewangi Selopuro Blitar, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIN KEDIRI, 2022. Kata Kunci : Pembelajaran, Kitab Ta’lim al-Muta’allim, Moral Moral merupakan sesuatu yang membicarakan tingkah laku manusia yang mencakup baik dan buruk serta diukur dengan budaya yang berlaku di lingkungan setempat. Moral memiliki arti yang sama dengan akhlak ataupun etika yakni membicarakan ,perilaku seseorang. Pada masa kini pendidikan tidak hanya menekan pada pengetahuan saja, namun pendidikan juga menekankan pada perilaku atau adab siswa. Adab dalam mencari ilmu agar memperoleh ilmu yang bermanfaat salah satunya tertulis dalam Kitab Ta’lim al-Muta'allim. Kitab Ta’lim al-Muta'allim merupakan salah satu kitab yang dikarang oleh Syekh al-Zarnuji. Madrasah Aliyah Assalam merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang menerapkan pembelajaran Ta’lim al-Muta’allim dalam pembelajaran muloknya. Adapun fokus pada penelitian ini adalah: (1) bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab Ta’lim al-Muta’allim dalam meningkatkan moral siswa di MA Assalam jambewangi Selopuro Blitar?. (2) Apa faktor pendukung dan penghambat pembelajaran kitab Ta’lim al-Muta’allim dalam meningkatkan moral siswa di MA Assalam Jambewangi Selopuro Blitar?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di Madrasah Aliyah Assalam Jambewangi Selopuro Blitar. pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Sedangkan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan peneliti, ketekunan pengamatan, teknik triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran Kitab Ta’lim al-Muta’allim dimulai dengan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. (2) Faktor pendukung pembelajaran adalah materi sudah dipelajari beberapa siswa yang tinggal di pondok pesantren. Sedangkan faktor penghambat pembelajaran adalah alokasi waktu pembelajaran yang singkat.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021402 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Evi Nur Khotimah |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 03:27 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 03:27 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5469 |
Actions (login required)
View Item |