Straregi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlak Siswa Di MTsN 1 Blitar

Romadhoni, Ahsanu Akbar (2022) Straregi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlak Siswa Di MTsN 1 Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932126118_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932126118_bab1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932126118_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932126118_bab3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932126118_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932126118_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932126118_bab6.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932126118_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932126118_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932126118_suratpernyataan.pdf

Download (232kB)

Abstract

ABSTRAK AHSANU AKBAR ROMADHONI, Strategi Guru Pendidikan Agaman Islam dalam Membentuk Akhlak Siswa di Mtsn 1 Blitar. Dr. Hj. Mu‟anah, M. Pd, dan Choiru Umatin, M. Pd, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci: Strategi, Guru Akhlak Siswa, Mtsn 1 Blitar. Hubungan lingkungan hidup dengan akhlak manusia merupakan hal yang sangat penting, karena akhlak memberikan pengaruh besar pada tindakan yang akan dikerjakan oleh seorang manusia. Tindakan tersebut bisa membawa dampak positif dan bisa juga membawa dampak negatif yang bisa merugikan diri sendiri, lingkungan bahkan pada orang lain. Oleh karena itu, seseorang memerlukan bimbingan mulai sejak kecil dalam suatu lembaga atau bimbingan dari orang tua atau guru untuk menanamkan rasa menghormati manusia dengan manusia, dan manusia dengan lingkungan hidupnya pendekatan akhlak siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu penelitian lapangan. Dimana peneliti akan terjun langsung kelapangan dan mengamati setiap perilaku objek penelitian yang akan di teliti. Selanjutnya akan peneliti analsis fenomena tersebut dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif. Yaitu sebuah pendekatan dengan melihat dan memahami semua fenomena dan menuliskannya kembali untuk menjadi sebuah temuan. Hasil penelitian sebagai berikut: 1). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Akhlak Siswa di MTsN 1 Blitar. Dalam upaya membentuk akhlak siswa, guru memiliki sejumlah strategi yang disusun berdasarkan konsep pendidikan akhlak yaitu melalui perencanaan, pelaksana dan evaluasi. Perencanaan.a Dalam tahap perencanaan ada pihak sekolah menentukan guru dan pendekatan apa saja yang akan digunakan dalam membentuk akhlaksiswa. Dalam hal yang diberi tanggung jawab penuh adalah guru agama yaitu gurupendidikan agama islam dan guru akidah akhlak. Trategi pendidikan akhlak yang akan diterapkan yaitu pendekatan secara teori yaitu dengan mengkaji buku-buku pendidkan akhlak dan praktisi atau praktek yaitu melalui penerapan melalui pembiasaan, pelaksaan sholat berjamaah cinta lingkungan dan sejumlah perilaku positif lainnya a tahap pelaksana pada tahap pelaksanaan, para guru yang telah diberikan tanggung jawab akan secara khusus memberikan pembelajaran secara teoritik dan praktik kepada siswa. cTahap evaluasi,Tahap evaluasi, adalah tahap dimana para guru akan membicarakan kembali semua konsep pendidikan akhlak yang telah diterapkan dan melihat apa yang akan di jadikan pertimbangan untuk menentukan layak tidaknya konsep. 2),Faktor Pendukung dalam terbentuknya Akhlak Siswa MTsN 1 Blitar. Faktor pendukung dalam upaya terbentuknya akhlak siswa di kelompokan menjadi dua faktor yaitu faktor intrnal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu keluarga dan faktor eksternal yaitu sekolah dan lingkungan bermain siswa. Berikut penjelasanya;Faktor internal. Keluarga menjadi faktor internal dalam mempengaruhi perilakusiswa dalam hal ini yang dimaksut adalah akhlak siswa dikarenakan siswa akan menghabiskan banyak waktu si rumah. Selain itu keluarga, akan menentukan tempat bermain siswa, dan sekolah yang mnejadi tempat untuk melangsungkan pembelajar baik yang bersifat formal maupun nonformal.b. Faktor eksternal Faktor eksternala dalam membentuk perilaku atau akhlak siswa terbagi menjadi dua bagian yaitu lingkungan sekolah dan lingkungan bermain. Lingkungan sekolah sebgai tempat siswa tersebut menuntut ilmu. ABSTRACT AHSANU AKBAR ROMADHONI, Strategy of Islamic Religious Education Teachers in Shaping Students' Morals at Mtsn 1 Blitar. Dr.Hj. Mu'anah, M.Pd, and Choiru Ummah, M.Pd, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Kediri, 2022. Keywords: Strategy, Teacher Morals, Mtsn 1 Blitar. The relationship between the environment and human morals is very important, because morality has a major influence on the actions that will be taken by a human being. These actions can have a positive impact and also a negative impact that can harm oneself, the environment and even others. Therefore, someone needs guidance from childhood in something or guidance from parents or teachers to instill a sense of respect for humans with humans, and humans with an environmental approach to student morals. This research is a qualitative research that is field research. Where the researcher will go directly to the field and observe every behavior of the object of research that will be thorough. Furthermore, researchers will analyze this phenomenon using a descriptive analysis approach. That is an approach by seeing and understanding all phenomena and putting them back to become a finding. The results of the study are as follows: 1). Strategies of Islamic Religious Education Teachers in Shaping Students' Morals at MTsN 1 Blitar. In an effort to shape students' morals, teachers have a number of strategies that are based on the concept of moral education, namely through planning, implementing and evaluating. Planning.a In the planning stage, the school determines the teachers and what approaches will be used in shaping the character of students. In terms of which are given full responsibility are religious teachers, namely Islamic religious education teachers and moral aqidah teachers. The moral education strategy that will be applied is a theoretical approach, namely by reviewing educational books that have morals and practice or practice, namely through the application through habituation, the implementation of congregational prayers loving the environment and a number of other behaviors in the implementation stage at the implementation stage, the teachers who are responsible will given specifically for theoretical and practical learning to students. c Evaluation stage, evaluation stage, where teachers will discuss all the concepts of moral education that will be applied and considerations to determine the feasibility of the concept. 2), Supporting Factors in the formation of Student Morals at MTsN 1 Blitar. Supporting factors in the effort to form students' morals are grouped into two factors, namely internal factors and external factors. Internal factors are family and external factors are school and students' play environment. The following is an explanation; Internal factors. Family is an internal factor in influencing student behavior in this case which is meant because students will need a lot of time at home. In addition, the family will determine the place for students to play, and the school will determine the place for carrying out learning both formal and non-formal. b. External factors External factors in shaping behavior or morals are divided into two parts, namely the school environment and the playing environment. The school environment as a place for students to study.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahsanu Akbar Romadhoni
Date Deposited: 08 Aug 2022 03:37
Last Modified: 08 Aug 2022 03:37
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5455

Actions (login required)

View Item View Item