Penerapan Metode Takror Dalam Meningkatkan Hafalan Alfiyah Di Madin Al-Amien Ngasinan Rejomulyo Kota Kediri

Muhibbi, Moh. Saddad (2022) Penerapan Metode Takror Dalam Meningkatkan Hafalan Alfiyah Di Madin Al-Amien Ngasinan Rejomulyo Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932100818_prabab.pdf

Download (804kB)
[img] Text
932100818_bab 1.pdf

Download (462kB)
[img] Text
932100818_bab 2.pdf

Download (334kB)
[img] Text
932100818_bab 3.pdf

Download (242kB)
[img] Text
932100818_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text
932100818_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text
932100818_bab 6.pdf

Download (12kB)
[img] Text
932100818_daftarpustaka.pdf

Download (133kB)
[img] Text
932100818_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932100818_suratpernyataan.pdf

Download (180kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk penerapan metode takror dalam meningkatkan hafalan Alfiyah di Madin Al-Amien Ngasinan Rejomulyo Kota Kediri sekaligus faktor faktor yang mendukung dan menghambatnya. Kajian teks-teks arab yang terdapat dalam nash al-Qur’an maupun yang ada di dalam turats menjadi sebuah diskursus yang fundamental bagi pendidikan Islam, agar mempunyai pemahaman terhadap keilmuan Islam secara komprehensif. Dalam hal metode takrornya menjembatani santri melalui hafalan Alfiyah untuk mendapatkan keilmuan nahwu-sharaf di Madin Al-Amien. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan mengambil latar di Madin Al-Amien Ngasinan Rejomulyo Kota-Kediri. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan sumber data utama adalah santri, ustadz, dan kepala Madin. Hasil penelitian lapangan mengungkapkan bahwa penerapan metode takror dalam meningkatkan hafalan Alfiyah adalah ditemukannya takror mandiri dengan faktor pendukungnya meliputi: motivasi ustadz, adanya rasa kompetisi, dan adanya penerapan isi nadham dengan membaca kitab. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi: rasa malas, lebih mementingkan pelajaran umum, dan lalai terhadap nadham sebelumnya. Takror bersama dengan faktor pendukungnya meliputi: sudah menjadi tradisi di kelas sebelumnya, paham terhadap maknanya. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi: telat maupun absensi di kelas, belum kenal dengan nadham.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moh. Saddad Muhibbi
Date Deposited: 05 Aug 2022 03:29
Last Modified: 05 Aug 2022 03:29
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5454

Actions (login required)

View Item View Item