Penerapan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Pokok Bahasan Iman Kepada Rasul Allah SWT Pada Siswa Kelas VIII-G SMP Negeri 2 Pace Nganjuk

Wati, Rosalia (2015) Penerapan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Pokok Bahasan Iman Kepada Rasul Allah SWT Pada Siswa Kelas VIII-G SMP Negeri 2 Pace Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932117811_Pra Bab.pdf

Download (250kB)
[img] Text
932117811_BAB I.pdf

Download (335kB)
[img] Text
932117811_BAB II.pdf

Download (555kB)
[img] Text
932117811_BAB III.pdf

Download (735kB)
[img] Text
932117811_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB)
[img] Text
932117811_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
932117811_BAB VI.pdf

Download (16kB)
[img] Text
932117811_daftar pustaka.pdf

Download (300kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman penelitian, bahwa pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Pace masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru, akibatnya suasana monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari hasil belajar siswa dan aktivitas siswa yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajarpun juga rendah. Jika pembelajaran di SMP Negeri 2 Pace dilakukan dengan menerapkan metode Discovery Learning, maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI pokok bahasan Iman Kepada Rasul Allah Swt akan meningkat. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Discovery Learning dalam pembelajaran PAI pokok bahasan Iman Kepada Rasul Allah Swt di kelas VIII-G SMP Negeri 2 Pace Nganjuk dan apakah penggunaan metode Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pokok bahasan Iman Kepada Rasul Allah Swt di kelas VIII-G SMP Negeri 2 Pace Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan metode Discovery Learning dengan subyek penelitian siswa kelas VIII-G SMP Negeri 2 Pace yang berjumlah 27 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua Siklus, yang masing-masing Siklus meliputi: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, danRefleksi. Adapun langkah-langkah penerapan metode Discovery Learning yakni: Pemberian Rangsang (Stimulasi), Menyatakan masalah (Problem Stetement), Pengumpulan Data (Data Collektion), Pengolahan Data (Data Processing), Pembuktian (Verifikasi), Menarik Kesimpulan (Generalisasi). Dari hasil analisis didapat bahwa penerapan metode Discovery Learning pada pembelajaran PAI mengalami peningkatan hasil belajar yang signifikan dari Siklus I sampai Siklus II yaitu: Padasiklus I ini dilaksanakan pada tanggal 23 Maret 2015. Pada pelaksanaannya, nilai rata-rata awal Pra Siklus siswa dari 66,8 atau 56% menjadi 75,9 atau 74%. Akan tetapi masih ada 7 anak yang belum tuntas belajar. Dalam siklus I ini pemahaman siswa semakin meningkat. Hal ini bisa dilihat dari meningkatnya nilai evaluasi yang diperoleh siswa. Padasiklus II yang dilaksanakan pada tanggal 30 Maret 2015 nilai rata-rata meningkat menjadi 85,3atau 100%. Dalam siklus II ini, tujuan pembelajaran sudah bisa dicapai yakni meningkatnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI pokok bahasan Iman Kepada Rasul Allah SWT.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Adel Adel
Date Deposited: 08 Aug 2022 07:26
Last Modified: 08 Aug 2022 07:26
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5450

Actions (login required)

View Item View Item