Strategi Guru Agama Islam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Di SMK Al-Huda

Saroir, Nurus (2015) Strategi Guru Agama Islam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Di SMK Al-Huda. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932117511_PRA BAB.pdf

Download (745kB)
[img] Text
932117511_BAB I.pdf

Download (398kB)
[img] Text
932117511_BAB II.pdf

Download (656kB)
[img] Text
932117511_BAB III.pdf

Download (412kB)
[img] Text
932117511_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text
932117511_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img] Text
932117511_BAB VI.pdf

Download (266kB)
[img] Text
932117511_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (396kB)

Abstract

Guru tidak hanya memiliki kewajiban menyampaikan ilmu pengetahuan tetapi juga memiliki tanggung jawab mencerdaskan peserta didik, baik dari segi IQ, EQ, dan SQ. Kecerdasan spiritual (SQ) merupakan kecerdasan yang paling penting. Bahkan menurut penelitian Prof. Dr. Daniel Goleman, bahwa keberhasilan seseorang hanya 20% dipengaruhi oleh IQ, 80% dipengaruhi oleh EQ dan kecerdasan spiritual (SQ).Sementara itu, kecerdasan spiritual peserta didik tidak dapat dilepaskan dari beberapa faktor, salah satunya adalah strategi yang dilakukan oleh guru.Karena itu, fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMK Al-Huda Kediri ? 2) Faktor apa saja yang melatar belakangi pemilihan strategi Guru Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data berasal dari guru, waka kurikulum dan siswa. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah: 1) Strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMK Al-Huda Kediri adalah Melalui materi pendidikan islam, diaolog terbuka, melalui nasehat, Tahtimul Qur’an, melalui pembiasaan dan pembinaan shalat, bimbingan dan teladan yang baik, memberikanmotivasi, dan kerjasama dengan pihak guru dan orang tua (parenting), dan pendidikan dengan hukuman. 2) Faktor yang melatar belakangi pemilihan strategi Guru Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswayaitu disesuaikan dengan kemampuan guru, keadaan siswa, dan fasilitas.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Adel Adel
Date Deposited: 08 Aug 2022 07:18
Last Modified: 08 Aug 2022 07:18
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5445

Actions (login required)

View Item View Item