Zainudin, Rizqy Amalia (2022) Strategi Guru Al-Qur'an Hadits Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur'an Kelas X Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932125518_prabab.pdf Download (2MB) |
|
Text
932125518_bab1.pdf Download (2MB) |
|
Text
932125518_bab2.pdf Download (2MB) |
|
Text
932125518_bab3.pdf Download (2MB) |
|
Text
932125518_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
932125518_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
932125518_bab6.pdf Download (2MB) |
|
Text
932125518_daftarpustaka.pdf Download (2MB) |
|
Text
932125518_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
932125518_Surat Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (126kB) |
Abstract
ABSTRAK Zainudin Rizqy Amalia, Dosen Pembimbing Erwin Indrioko, M.Pd.I dan Nurul Ahsin M.Pd.I : Strategi Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Kelas X Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Nganjuk. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, , Instiut Agama Islam Negeri Kediri, 2022. Kata Kunci : Strategi Guru, Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an. Penelitian ini dilatar belakangi dengan pentingnya kedudukan Al-Qur’an dalam kehidupan Manusia kususnya umat Muslim sehingga mendorong umat untuk bisa dan senantiasa membaca Al-Qur’an, tapi dalam prakteknya ada beberapa orang yang masih kesulitan dalam membaca Al-Qur’an dan tak terkecuali beberapa siswa MAN 1 Nganjuk yang tidak jarang di antara mereka masih kesulitan dalam membaca Al-Qur’an. Maka dibutuhkan pembelajaran yang lebih baik daripara guru karena Al-Qur’an adalah tuntunan hidup bagi umat muslim agar dapat selamat di dunia dan akhirat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dekriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. dengan memakai metode fenomenologis. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini di klasifikasikan menjadi tiga bagian, yaitu sumber data berupa orang, sumber data berupa tempat atau benda, dan sumber data berupa simbol. Data dianalisis menggunakan teknik yang dinyatakan oleh Miles dan Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan/verivikasi. Data penelitian diperiksa keabsahan datanya dengan menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi sumber, metode, dan teori. Hasil penelitian ini menunjukkan : Strategi Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Kelas X Di MAN 1 Nganjuk Kabupaten Nganjuk dapat ditemukan bahwa:1) Dengan metode ceramah ini siswa akan lebih mudah untuk mendengarkan dan menyimak, mengkaji apa yang diceramahkan, memberikan pemahaman kepada siswa. 2) Guru dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an sangat penting bukan hanya sebagai pemateri tapi juga sebagai tutor untuk siswanya. 3) Memberikan tugas kepada para siswa untuk memcari hukum bacaan tajwid di dalam Al-Qur’an. 4) Makharijul huruf sebagai awal permulaan dalam pembelajaran membaca Al-Qur’aini sesuai dengan sistem pembelajaran dalam metode Iqra’ 5) Dengan pembelajaran satu persatu siswa bergilir membaca Al-Qur’an yang langsung di simak oleh guru. 6) Penerapan pemberian pengarahan kepada siswa untuk menghafalkan makharijul huruf ini sangat efektif dalam membantu siswa untuk lebih mengingat dan mempelajari. 7) Klasikal baca simak, siswa diarahkan untuk membaca satu persatu yang disimak langsung oleh guru dan teman-temannya. 8) Memberikan pembiasaan kepada siswa juga penting adanya disamping memberikan pengajaran secara langsung. 9) Dampingan dari orang tua untuk mengkontrol dan mengingatkan anaknya untuk tidak lupa minimal membaca Al-Qur’an setelah Sholat walaupun satu ayat. ABSTRACT Zainudin Rizqy Amalia, Advisory Lecturer Erwin Indrioko, M.Pd.I and Nurul Ahsin M.Pd.I: Strategies of Al-Qur'an Hadith Teachers in Overcoming Difficulties in Reading Al-Qur'an Class X Qur'an at Madrasah Aliyah Negeri 1 Nganjuk. Thesis, Study Program Islamic Religious Education, Faculty of Tarbiyah, , Kediri State Islamic Institute, 2022. Keywords: Teacher Strategy, Difficulty Learning to Read Al-Qur'an. This research is motivated by the importance of the position of the Qur'an in human life, especially Muslims so that it encourages people to be able and always read the Qur'an, but in practice there are some people who still difficulties in reading the Qur'an and some students of MAN 1 Nganjuk are no exception which not infrequently among them still have difficulty in reading the Qur'an. So better learning is needed from the teachers because the Qur'an is life guidance for Muslims to be safe in this world and the hereafter. The type of research used is descriptive research using qualitative approach. using the phenomenological method. Data collection technique implemented through observation, interviews, and documentation. Source of data in This research is classified into three parts, namely the source of data in the form of people, data sources in the form of places or objects, and data sources in the form of symbols. Data analyzed using the techniques stated by Miles and Huberman, namely: data reduction, presenting data, and making conclusions/verification. Research data is checked for validity the data by using the technique of extension of participation, persistence of observation, triangulation of sources, methods, and theories. The results of this study indicate: Strategies of Al-Qur'an Hadith Teachers in Overcoming Difficulties in Learning to Read Al-Qur'an Class X At MAN 1 Nganjuk, Nganjuk Regency, it can be found that: 1) With this lecture method, students will find it easier to listen and listen, examine what is taught, provide understanding to students. 2) Teachers in learning to read the Qur'an are very important not only as presenters but also as tutors for their students. 3) Give assignments to students to look for the law of reading recitation in the Qur'an. 4) Makharijul letters as a starting point in learning to read the Qur'an in accordance with the learning system in the Iqra ' method 5) By learning one by one students take turns reading the Qur'an which is directly listened to by the teacher. 6) The application of giving directions to students to memorize makharijul letters is very effective in helping students to remember and learn better. 7) Classical reading read, students are directed to read one by one which is listened to directly by the teacher and his friends. 8) Providing habituation to students is also important in addition to providing direct teaching. 9) Assistance from parents to control and remind their children not to forget to at least read the Qur'an after praying even if it is one vers
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rizqy Amalia Zainudin |
Date Deposited: | 04 Aug 2022 06:57 |
Last Modified: | 04 Aug 2022 06:57 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5442 |
Actions (login required)
View Item |