Penerapan Strategi Member Card Dalam Menarik Minat Konsumen Melakukan Pembelian (Studi kasus di butik Busana Muslim Balqis Kampung Dalem Kediri)

Worosiwi, Muntiara Gani (2016) Penerapan Strategi Member Card Dalam Menarik Minat Konsumen Melakukan Pembelian (Studi kasus di butik Busana Muslim Balqis Kampung Dalem Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
halaman judul_11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (701kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB)
[img] Text
13. PEDOMAN WAWANCARA_17. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam pemasarannya Butik Busana Muslim Balqis melakukan pemasarannya dengan cara reseller dan dropship, selain itu dalam strategi pemasarannya Butik Busana Muslim Balqis ini menggunakan strategi member card untuk menarik minat konsumen dalam melakukan pembelian. Untuk mendapatkan member card itu sendiri caranya sangat mudah dan biayanya terjangkau. Member card ini juga bisa digunakan pada cabang Elzatta dan Rabbani di pasar pahing. Pemegang kartu member Balqis sekarang sudah mencapai 5.400 orang. Berangkat dari konteks ini maka peneliti ingin mengetahui bagaimana penerapan strategi member card dalam menarik minat konsumen melakukan pembelian di butik busana muslim Balqis. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Kehadiran peneliti di lokasi penelitian sangat penting karena peneliti merupakan instrumen kunci untuk mengangkat apa yang ada di lapangan. Ungkapan dan tindakan yang diperoleh merupakan sumber data primer, sedangkan sumber data skunder berupa dokumen melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis dengan cara menelaah seluruh data yang ada, dilakukan dengan mengadakan pengecekan keabsahan data. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat ditemukan hasil penelitian berikut : yaitu penerapan strategi member card ini menjadi salah satu strategi menarik minat konsumen melakukan pembelian di butik busana muslim Balqis, namun hal ini kurang efektif karena tidak jarang juga pemegang kartu member yang tidak memanfaatkan kartu membernya saat melakukan pembelian disebabkan karena mereka melakukan pembelian bukan karena adanya potongan harga atau tawaran khusus lain dari member card tersebut namun karena mereka butuh produk tersebut sehingga mereka kurang memperhatikan manfaat dari kartu member itu sendiri. Kendala yang dihadapi Balqis adalah munculnya kartu member baru dari toko pesaing, hilangnya kartu member milik konsumen, pelanggan yang mempunyai kartu member ganti nomor telepn tidak mengkonfirmasi pada pihak Balqis, dan kurang validnya data yang tercantm pada kartu member. Hal ini menegaskan bahwa strategi member card bukanlah strategi yang utama dan efektif dalam menarik minat konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 05 Aug 2019 01:57
Last Modified: 05 Aug 2019 01:57
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/544

Actions (login required)

View Item View Item