Penerapan Metode Drill (Latihan) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VII A SMP Islam Terpadu Al-Qomar Pakuncen Patianrowo Nganjuk.

Firmansyah, Aditya (2015) Penerapan Metode Drill (Latihan) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VII A SMP Islam Terpadu Al-Qomar Pakuncen Patianrowo Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932117011_PRA BAB.pdf

Download (686kB)
[img] Text
932117011_BAB 1.pdf

Download (325kB)
[img] Text
932117011_BAB II.pdf

Download (749kB)
[img] Text
932117011_BAB II.pdf

Download (749kB)
[img] Text
932117011_BAB III.pdf

Download (698kB)
[img] Text
932117011_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (951kB)
[img] Text
932117011_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text
932117011_BAB VI.pdf

Download (14kB)
[img] Text
932117011_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keaktifan belajar yang menurun pada siswa kelas VII A SMP Islam Terpadu Al-Qomar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan masih rendah tingkat prestasinya yang disebabkan oleh perilaku belajar siswa sangat buruk, kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran dan penerapan strategi dan metode pembelajarannya juga masih sangat rendah Salah satu metode yang ditawarkan oleh peneliti adalah menggunakan metode drill, alasanya yaitu agar metode drill ini dapat membuat siswa terbiasa dengan perilaku belajar yang aktif. Dengan melaksanakan kegiatan belajar dan bimbingan secara efektif dan inovatif menjadikan siswa mampu berkembang secara baik dan secara maksimal sesuai potensi yang dimiliki. Menggunakan metode drill ini akan lebih tertanam pada pribadi anak. Berdasarkan hal tersebut diharapkan siswa mencapai tujuan pembelajaran sesuai yang diharapkan. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode drill dalam meningkatkan keaktifan belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VII A SMP Islam Terpadu Pakuncen Patianrowo Nganjuk? (2) Apakah penerapan metode drill dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VII A pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Islam Terpadu Pakuncen Patianrowo Nganjuk?, adapun tujuan dari penilitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode drill dalam meningkatkan keaktifan belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VII A SMP Islam Terpadu Pakuncen Patianrowo Nganjuk? (2) Untuk mengetahui Apakah penerapan metode drill dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VII A pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Islam Terpadu Pakuncen Patianrowo Nganjuk? Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk untuk mengembangkan pengetahuan penulis dengan landasan dan kerangka teoritis yang ilmiah serta pengalaman dalam mengajar. Bagi SMP Islam Terpadu Al-Qomar dapat digunakan sebagai bahan masukan dalam mempersiapkan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang akan datang. Bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, tes, observasi, dokumentasi, catatan lapangan. Wawancara digunakan untuk menggali informasi tentang kondisi siswa kelas V saat kegiatan belajar Pendidikan Agama Islam berlangsung dan menggali xi informasi tentang penerapan metode drill pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, tes digunakan untuk mengetahui hasil yang dicapai siswa setelah diterapkannya metode drill pada mata pelajaran matematika, observasi digunakan untuk mengamati aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung, dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang SMP Islam Terpadu Al�Qomar, dan catatan lapangan digunakan untuk untuk melengkapi data yang tidak terekam dalam instrumen pengumpulan data yang ada dengan demikian diharapkan tidak ada penting yang terlewatkan dalam kegiatan penelitian

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Depositing User: Adel Adel
Date Deposited: 08 Aug 2022 07:02
Last Modified: 08 Aug 2022 07:02
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5438

Actions (login required)

View Item View Item