Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Kepribadian Muslim Siswa Di SMK YP (Yayasan Pembangunan) Kandangan Kediri

Umam, Anas Syafi'il (2015) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Kepribadian Muslim Siswa Di SMK YP (Yayasan Pembangunan) Kandangan Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932117009_prabab.pdf

Download (551kB)
[img] Text
932117009_BAB 1.pdf

Download (261kB)
[img] Text
932117009_BAB 2.pdf

Download (589kB)
[img] Text
932117009_BAB 3.pdf

Download (152kB)
[img] Text
932117009_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
932117009_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] Text
932117009_BAB 6.pdf

Download (108kB)
[img] Text
932117009_LAMPIRAN.pdf

Download (630kB)

Abstract

Guru Pendidikan Agama Islam dalam dunia pendidikan adalah seorang figur. Setiap tingkah lakunya akan senantiasa dipantau oleh peserta didik, guru pendidikan tidak hanya bertugas menyampaikan materi saja melainkan lebih dari itu yaitu menjadikan anak didiknya berkepribadian muslim. untuk itu dalam perkembangan zaman dekadensi moral banyak menghampiri peserta didik. sebagai langkah antisipasi terhadap perilaku peserta didik maka peran Guru Pendidikan Agama Islam senantiasa dibutuhkan. Fokus Penelitian dalam Skripsi ini adalah (1) Mengapa Kepribadian Muslim perlu ditanamkan pada siswa SMK YP (Yayasan Pembangunan) Kandangan, (2) Bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk Kepribadian Muslim siswa di SMK YP (Yayasan Pembangunan) Kandangan, tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan perlunya Kepribadian Muslim ditanamkan pada siswa SMK YP (Yayasan Pembangunan) kandangan, (2) untuk mendeskripsikan peran Guru pendidikan Agama Islam dalam membentuk Kepribadian Muslim pada siswa SMK YP (Yayasan Pembangunan) Kandangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Kehadiran peneliti di lapangan sangat penting, karena sebagai pengumpul data dengan lokasi penelitian di SMK YP (Yayasan Pembangunan) Kandangan. Prosedur pengumpulan data yakni dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi didukung data yakni kepala sekolah, Waka Kurikulum, siswa dan Guru Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa peran Guru pendidikan Agama Islam dalam membentuk kepribadian Muslim siswa di SMK YP (Yayasan Pembangunan) Kandangan: (1) penanaman Kepribadian Muslim di SMK YP pada siswa dilaksanakan dengan tujuan sebagai bisa digunakan sebagai alat untuk memahamkan nilai keislaman pada siswa, membentuk akhlak dan sebagai control diri pada siswa SMK YP (Yayasan Pembangunan) Kandangan. (2) Dalam tugasnya sebagai guru dalam membentuk Kepribadian Muslim di SMK YP ditemukam 3 peran Guru yaitu sebagai pembimbing, supervisor dan penasehat.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Adel Adel
Date Deposited: 08 Aug 2022 06:57
Last Modified: 08 Aug 2022 06:57
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5436

Actions (login required)

View Item View Item