Manajemen Pembelajaran Berbasis Sistem Kredit Semester Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di MTs Negeri 3 Nganjuk

Saleha, Riski Putri (2022) Manajemen Pembelajaran Berbasis Sistem Kredit Semester Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di MTs Negeri 3 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932412518_prabab.pdf

Download (314kB)
[img] Text
932412518_bab1.pdf

Download (226kB)
[img] Text
932412518_bab2.pdf

Download (276kB)
[img] Text
932412518_bab3.pdf

Download (312kB)
[img] Text
932412518_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text
932412518_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text
932412518_bab6.pdf

Download (76kB)
[img] Text
932412518_daftarpustaka.pdf

Download (141kB)
[img] Text
932412518_suratpernyataan.pdf

Download (421kB)

Abstract

Lembaga pendidikan diharapkan mampu untuk melakukan pengelolaan, dalam rangka mencapai tujuan pendidikan, terlebih lagi dalam hal manajemen pembelajaran. Salah satu bentuk dari kebijakan pada sektor pendidikan yaitu diterapkannya pembelajaran berbasis sistem kredit semester. Inovasi ini dilakukan sesuai dengan kemampuan, minat, bakat dan kecerdasan peserta didik. Tetapi hingga sekarang belum banyak sekolah yang mampu menerapkan sistem kredit semester. Diterapkannya sistem kredit semester diharapkan akan dapat menghasilkan output berupa peningkatan prestasi belajar yang benar-benar ditentukan oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen pembelajaran berbasis sistem kredit semester dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTsN 3 Nganjuk. 2) untuk mengungkapkan faktor pendukung dan penghambat penyelenggaraan sistem kredit semester di MTsN 3 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yaitu dari kepala madrasah, wakil kepala kurikulum, pembimbing akademik, guru dan siswa MTs Negeri 3 Nganjuk. Kemudian dilanjutkan pengumpulan data dengan menggunakan metode berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, selanjutnya peneliti melakukan analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Tahap terakhir yaitu pengecekan keabsahan data yang dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Manajemen pembelajaran berbasis SKS di MTsN 3 Nganjuk secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan ketentuan yang ada. MTsN 3 Nganjuk sudah mengimplementasikan fungsi manajemen pembelajaran, dan sudah mengacu pada standar nasional pendidikan. Dengan diterapkannya SKS prestasi belajar siswa mengalami peningkatan, menjuarai berbagai event perlombaan, selain itu berdampak pada kognitif, afektif dan psikomotor siswa. 2) faktor pendukung penyelenggaraan SKS di MTsN 3 Nganjuk adalah adanya sarana dan prasarana yang memadai, adanya bimbingan belajar tambahan dan mendapat dukungan positif dari masyarakat. Sedangkan faktor penghambat, yaitu adanya kendala- kendala kecil seperti peserta didik yang tidak segera menuntaskan registrasi dan kurang terbuka, serta guru lebih ekstra dalam mengajar kelas heterogen. Sampai saat ini kendala yang ada dapat diselesaikan oleh pihak sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Riski Putri Saleha
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:30
Last Modified: 04 Aug 2022 03:30
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5425

Actions (login required)

View Item View Item