Pengembangan Kompetensi Sosial Guru Non Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas VIII Di MTS Sunan Ampel Plosoklaten Tahun Ajaran 2014-2015

Latifah, Nikmatul (2015) Pengembangan Kompetensi Sosial Guru Non Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas VIII Di MTS Sunan Ampel Plosoklaten Tahun Ajaran 2014-2015. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932116711_PRA BAB.pdf

Download (449kB)
[img] Text
932116711_BAB II latifah.pdf

Download (357kB)
[img] Text
932116711_BAB III latifah.pdf

Download (479kB)
[img] Text
932116711_BAB IV latifh.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
932116711_BAB V latifah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text
932116711_BAB VI latifah.pdf

Download (193kB)
[img] Text
932116711_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (316kB)
[img] Text
932116711_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)

Abstract

Seiring melaksanakan tanggungjawabnya sebagai seorang pendidik, para guru juga dituntut untuk meningkatkan kompetensi sosialnya dengan semaksimal mungkin dalam mencapai tujuan pendidikan. Di MTs Sunan Ampel Plosoklaten Kediri para guru non PAI VIII juga dibebani tanggungjawab mengajarkan akhlak kepada siswa siswinya, seperti: penanaman nilai-nilai keagamaan peserta didik, serta mampu berhubungan baik dengan lingkungan sekolah maupun luar sekolah. Dari realitas tersebut penulis menentukan fokus penelitian, 1) Bagaimana kompetensi sosial guru non PAI kelas VIII di MTs Sunan Ampel Plosoklaten Kediri?. 2) Bagaimana upaya pengembangan kompetensi sosial guru non PAI kelas VIII di MTs Sunan Ampel Plosoklaten Kediri?. Pendekatan penelitian dalam skripsi ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini bersifat deskriptif: yaitu gambaran terhadap fakta lapangan dengan memaparkan data-data lapangan. Jenis data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu data tertulis dan data tidak tertulis. Prosedur pengumpulan data, yaitu dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan sumber data yaitu Kepala Sekolah, guru non PAI kelas VIII, para siswa, masyarakat, dan wali murid. Adapun analisis data digunakan yaitu reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Guru-guru non PAI kelas VIII di MTs. Sunan Ampel Plosoklaten Kediri memiliki kompetensi sosial yang baik, namun belum maksimal. Hal ini terlihat dari belum terpenuhinya semua aspek yang tertuang dalam PP RI Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru, Bab II Tentang Kompetensi dan Seartifikasi, Pasal 3 ayat 6. Upaya yang dilakukan guru-guru non PAI kelas VIII dalam mengembangkan kompetensi sosialnya antara lain: membiasakan diri untuk menggunakan internet dan berbagai macam elektronik, bersikap simpatik pada siswa, dan mengembangkan kecerdasan sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Adel Adel
Date Deposited: 08 Aug 2022 06:43
Last Modified: 08 Aug 2022 06:43
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5422

Actions (login required)

View Item View Item