Arifah, Rista Luthfiyatul (2015) Implementasi Model Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fiqih Kelas VIII Di MTS Hikmatul Amanah Pacet Mojokerto Tahun Ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
C. PRA BAB.pdf Download (712kB) |
|
Text
D. BAB I.pdf Download (431kB) |
|
Text
E. BAB II.pdf Download (751kB) |
|
Text
F. BAB III.pdf Download (508kB) |
|
Text
G. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (711kB) |
|
Text
H. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
|
Text
I. BAB VI.pdf Download (196kB) |
|
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) |
Abstract
Prestasi belajar merupakan hasil belajar yang dicapai oleh siswa dalam penguasaan pengetahuan dan keterampilan suatu mata pelajaran tertentu sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Prestasi belajar siswa kelas VIII D MTs Hikmatul Amanah Pacet dinilai masih rendah, hal ini terlihat dari kemampuan siswa dalam memahami masalah seperti informasi yang diketahui dan ditanyakan dalam suatu permasalahan masih kurang. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII D MTs Hikmatul Amanah Pacet melalui pembelajaran model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dengan peneliti. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D MTs Hikmatul Amanah yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas VIII D MTs Hikmatul Amanah Pacet. Hal ini ditandai dengan: (a) Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII D di MTs Hikmatul Amanah masih tergolong rendah. Hasil pra siklus menunjukkan prosentase ketuntasan belajar sebesar 56,25% dengan nilai rata-rata 76,03. (b) Penerapan pembelajaran model problem based learning pada mata pelajaran fiqih kelas VIII D MTs Hikmatul Amanah dapat berjalan dengan dengan baik, meskipun pada awalnya guru dan siswa masih terlihat belum terbiasa dalam penggunaan model problem based learning, tetapi mereka kemudian bisa menyesuaikan dan sudah mulai antusias untuk menggunakan model pembelajaran problem based learning. (c) Peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII D di MTs Hikmatul Amanah ditunjukkan dari hasil nilai post test pada siklus 1 dengan prosentase ketuntasan belajar sebesar 71,88%, dengan nilai rata-rata 82,19. Dan pada siklus 2, prosentase ketuntasan belajar sebesar 96,88%, dengan nilai rata-rata 88,31. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Implementasi model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran fiqih kelas VIII D MTs Hikmatul Amanah Pacet dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Adel Adel |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 02:32 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 02:32 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5421 |
Actions (login required)
View Item |