Strategi Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran PAI Pada Kelas Akselerasi Di SMAN 1 Grogol Tahun Ajaran 2014/2015

Purwitasari, Ratna Ayu (2015) Strategi Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran PAI Pada Kelas Akselerasi Di SMAN 1 Grogol Tahun Ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
C. Pra bab.pdf

Download (165kB)
[img] Text
D. BAB I.pdf

Download (431kB)
[img] Text
E. BAB II.pdf

Download (493kB)
[img] Text
F. BAB III.pdf

Download (353kB)
[img] Text
G. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB)
[img] Text
H. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
I. BAB VI.pdf

Download (198kB)
[img] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)
[img] Text
K.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB)

Abstract

Inti dari pengelolaan kelas terletak pada proses pembelajaran, Untuk mencapai proses pembelajaran yang efektif, dan efisien. Guru harus bisa menciptakan suasana yang menggairahkan dalam pengelolaan kelas. Dengan adanya pengelolaan kelas yang baik dari guru pembelajaran dapat dicapai dengan optimal. SMAN 1 Grogol satu-satunya yang memiliki program akselerasi di Kabupaten Kediri. Adapun fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Efektivitas Pembelajaran PAI pada Kelas Akselerasi Tahun Ajaran 2014/2015 di SMAN 1 Grogol. 2) Strategi Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran PAI pada Kelas Akselerasi Tahun Ajaran 2014/2015. 3) Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat strategi pengelolaan kelas dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI pada kelas akselerasi tahun ajaran 2014/2015. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dengan cara menelaah seluruh data yang sudah ada, mereduksi data, menyusun data melalui fokus. Sedangkan untuk melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Adapun hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan : 1) Efektivitas pembelajaran PAI siswa yang memiliki kecerdasan diatas rata-rata. Selain siswa tersebut yaitu tentunya ada guru yang dapat mencapai tujuan dalam pembelajaran. Adapun untuk efektivitas pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran serta mententukan metode dan alat pada kegiatan pembelajaran. 2) Dalam pengeloaan kelas dapat dibedakan menjadi dua yaitu pengelolaan yang berkaitan dengan siswa dan pengeloaan yang berkaitan dengan fisik. (a) Pengelolaan yang berkaitan dengan siswa: adanya interaksi yang baik anatara siswa dengan guru, memberikan hukuman yang positif pada siswa pada saat kurang memperhatikan (b) Pengelolaan yang berkaitan dengan fisik: pengaturan tempat duduk, mengatur sarana prasarana, penataan keindahan dan kebersihan, ventilasi dan tata cahaya. 3) faktor pendukung yaitu adanya motivasi khusus pada program kelas akselerasi dalam upaya meningkatkan kualitas peserta didik akselerasi, sarana dan prasarana yang sudah memadai. Dan untuk faktor penghambat yaitu masih ada anak yang kurang konsentrasi pada pembelajaran berlangsung, masih ada yang masih belum maksimal pada pembelajaran PAI karena begroonya dulu pada waktu SMP sekolah di SMP Katolik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Adel Adel
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:31
Last Modified: 05 Aug 2022 02:31
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5420

Actions (login required)

View Item View Item