Problematika Pembelajaran Kitab Kuning Pada Siswa Kelas 1A Madrasah Mu’allimin Mu’allimat 6 Tahun Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

Ainia, Farikhatul (2022) Problematika Pembelajaran Kitab Kuning Pada Siswa Kelas 1A Madrasah Mu’allimin Mu’allimat 6 Tahun Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932128318_prabab.pdf

Download (964kB)
[img] Text
932128318_bab1.pdf

Download (538kB)
[img] Text
932128318_bab2.pdf

Download (356kB)
[img] Text
932128318_bab3.pdf

Download (428kB)
[img] Text
932128318_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB)
[img] Text
932128318_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text
932128318_bab6.pdf

Download (288kB)
[img] Text
932128318_daftar_pustaka.pdf

Download (684kB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini yaitu membahas tentang problematika pembelajaran kitab kuning. Kitab kuning pada dasarnya dipelajari di pondok pesantren, namun kali ini kitab kuning dipelajari di sekolah formal yaitu di Madrasah Mu’allimin Mu’allimat 6 tahun Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Untuk mencapai tujuan sebuah pembelajaran banyak sekali masalah dan problem yang ditemui karena pada sekolah formal biasanya menggunakan buku pelajaran namun pada sekolah MMA menggunakan kitab kuning sebagai sumber pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika dalam pembelajaran kitab kuning dan upaya untuk mengatasi problematika dalam pembelajaran kitab kuning pada siswa kelas 1A di Madrasah Mu’allimin Mu’allimat 6 tahun Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Pada penelitian ini, penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. teknik yang digunakan untuk memperoleh data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini berlokasikan di Madrasah Mu’allimin Mu’allimat 6 tahun Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Hasil penelitian tentang problematika pembelajaran kitab kuning pada siswa kelas 1A Madrasah Mu’allimin Mu’allimat 6 tahun Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Adalah 1) Problematika pembelajaran kitab kuningnya adalah kurangnya minat dan motivasi belajar pada siswa, latar belakang pendidikan siswa yang berbeda-beda (Heterogen), siswa kurang bisa mengenali bentuk atau tulisan huruf arab, siswa kesulitan menulis pegon ketika menerjemahkan, 2) Upaya untuk mengatasi problematika tersebut adalah guru terus melakukan pendekatan dengan memberikan arahan dan selalu memberikan motivasi kepada siswa, guru menerapkan metode drill pada pembelajaran untuk melatih siswa agar terbiasa menulis dan membaca tulisan arab, guru membiasakan siswa untuk menulis lafadh yang ada di kitab untuk ditulis di buku tulis agar siswa terbiasa menulis tulisan arab dan memudahkan siswa pada saat memaknai, guru selalu mengadakan evaluasi dan latihan soal setiap akan pergantian bab untuk mengetahui kemampuan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Farikhatul Ainia
Date Deposited: 03 Aug 2022 08:39
Last Modified: 03 Aug 2022 08:39
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5392

Actions (login required)

View Item View Item