Evaluasi Program Sistem Kredit Semester (SKS) Di MTsN 2 Kota Kediri

Munir,, Muhammad Syahrul. (2022) Evaluasi Program Sistem Kredit Semester (SKS) Di MTsN 2 Kota Kediri. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92101820010_BAB I.pdf

Download (494kB)
[img] Text
92101820010_Prabab.pdf

Download (507kB)
[img] Text
92101820010_BAB II.pdf

Download (472kB)
[img] Text
92101820010_BAB III.pdf

Download (370kB)
[img] Text
92101820010_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[img] Text
92101820010_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text
92101820010_BAB VI.pdf

Download (154kB)
[img] Text
92101820010_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (388kB)
[img] Text
92101820010_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
92101820010_Surat Pernyataan.pdf

Download (71kB)

Abstract

MUHAMMAD SYAHRUL MUNIR, S.Pd. Dosen Pembimbing Dr. Iskandar Tsani, M.Ag. dan Dr. Noer Hidayah, M.Si. : Evaluasi Program Sistem Kredit Semester (SKS) di MTsN 2 Kota Kediri, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana IAIN Kediri, 2022. pendidikan sangat diperlukan oleh setiap peserta didik, maka pendidikan harus sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan oleh para peserta didik. Seperti yang sedang berkembang saat ini, yakni pendidikan dengan Sistem Kredit Semester (SKS). Sistem Kredit Semester (SKS) sering kita dengar di Perguruan Tinggi sebagai unit pengukuran dalam beban belajar. Namun, saat ini Sistem Kredit Semester (SKS) sudah mulai diterapkan di SLTP maupun SLTA. Fokus penelitian dalam tesis ini adalah 1). Bagaimana evaluasi conteks program sistem kredit semester (SKS) di MTsN 2 Kota Kediri ?, 2). Bagaimana evaluasi input program sistem kredit semester (SKS) di MTsN 2 Kota Kediri ?, 3). Bagaimana evaluasi process program sistem kredit semester (SKS) di MTsN 2 Kota Kediri ?, 4). Bagaimana evaluasi produk program sistem kredit semester (SKS) di MTsN 2 Kota Kediri ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian evaluasi model CIPP (Context, Input, Process, Product), dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara secara mendalam. Dimana ketiga komponen tersebut merupakan suatu rangkaian yang tidak terpisahkan guna memperoleh data penelitian, oleh karenanya Analisa data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program Sistem Kredit Semester (SKS) di MTsN 2 Kota Kediri. 1) evaluasi conteks program sistem kredit semester (SKS) di MTsN 2 Kota Kediri, Sekolah menyelenggarakan sistem kredit semester (SKS) untuk memberikan layanan pada peserta didik yang sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuanya dalam menyelesaikan tugas belajarnya. Sekolah sangat mendukung penyelenggaraan sistem kredit semester (SKS) dengan melakukan kerja sama antara guru, peserta didik, dan orang tua peserta didik untuk mencapai tujuan program sistem kredit semester (SKS). 2) evaluasi input program sistem kredit semester (SKS) di MTsN 2 Kota Kediri, Dalam pelaksanaan sistem kredit semester (SKS) di MTsN 2 Kota Kediri sumber daya manusia telah mendukung, kepala madrasah memberikan hak sepenuhnya kepada guru dan petugas lainya untuk mengelola dan melaksanakan program SKS. 3) evaluasi process program sistem kredit semester (SKS) di MTsN 2 Kota Kediri, Pelaksanaan program SKS dilakukan sesuai dengan petunjuk tekhnis penyelenggaraan sistem kredit semester (SKS) terkait dengan pengelolaan pembelajaran, strategi pengelolaan pembelajaran, pemetaan peserta didik, penentuan rombongan belajar, penentuan jadwal kegiatan pembelajaran, sistem penilaian dan penentuan kriteria kelulusan. 4) evaluasi produk program sistem kredit semester (SKS) di MTsN 2 Kota Kediri, Pencapaian keberhasilan program sistem kredit semester (SKS) didapatkan dari hasil wawancara terhadap pihak yang bersangkutan terkait program SKS di MTsN 2 Kota Kediri menyatakan bahwa produk dari program sistem kredit semester (SKS) mengarah pada hasil yang baik serta dapat meningkatkan pencapaian hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Sistem Kredit Semester (SKS), Evaluasi Program, Model Evaluasi CIPP.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Syahrul Munir
Date Deposited: 02 Aug 2022 08:14
Last Modified: 02 Aug 2022 08:14
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5355

Actions (login required)

View Item View Item