Problematika Guru Dalam Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19 Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Pulerejo Tulungagung

Sa’adah, Yuliatus (2022) Problematika Guru Dalam Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19 Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Pulerejo Tulungagung. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932140718_pra bab.pdf

Download (693kB)
[img] Text
932140718_bab1.pdf

Download (244kB)
[img] Text
932140718_bab2.pdf

Download (245kB)
[img] Text
932140718_bab3.pdf

Download (257kB)
[img] Text
932140718_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
932140718_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
932140718_bab6.pdf

Download (94kB)
[img] Text
932140718_daftar pustaka.pdf

Download (224kB)
[img] Text
932140718_daftar pustaka.pdf

Download (224kB)
[img] Text
932140718_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932140718_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (131kB)

Abstract

YULIATUS SA’ADAH, Dosen Pembimbing Moh. Zainal Fanani, M.Pd.I dan Dr.Hj. Najahah, M.Ag, Problematika Guru Dimasa Pandemi Covid-19 Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Pulerejo Tulungagung, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci : Problematika, Masa Pandemi Dengan adanya pandemi covid-19 mengharuskan lembaga pendidikan menerapkan pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh yang dirasa masih baru dalam dunia pendidikan menjadikan banyak perubahan pada pembelajaran dimasa pandemi. Kata problematika atau problema dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti masih menimbulkan masalah, hal yang masih belum dapat dipecahkan dan permasalahan. Adapun upaya guru sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan pembelajaran dimasa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana problematika yang dihadapi guru dalam melakukan perencanaan pembelajaran dimasa pandemi. (2) bagaiamana problematika yang dihadapi guru dalam melakukan pelaksanaan pembelajaran dimasa pademi. (3) bagaimana problematika yang dihadapi guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran dimasa pademi. (4) bagaimana upaya guru dalam menyelesaikan promblematika pembelajaran dimasa pandemi. Pendekatan yang digunakan peneliti adalah kualitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data yang dilakukan adalah triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini sebagai berikut (1) kesulitan dalam pembuatan rencana pembelajaran pada awal masa pandemi (2) kurang mengetahui tentang penggunaan tekhnologi dan juga kurang stabil dalam penggunaan jaringan internet (3) Adapun tentang pelaksanaan evaluasi pembelajaran yang dilakukan secara umum sudah berjalan dengan baik, namun dalam rangka penyerahan hasil ujian ditemukan kendala terkait penggunaan rapor online (4) Upaya Guru mengatasi Pembelajaran Dimasa Pandemi yaitu meliputi, perumusan tujuan pembelajaran, pemilihan materi ajar, pemilihan sumber media pembelajaran, kesesuaian teknik pembelajaran yang dilakukan dengan adanya sosialisasi dan pelatihanpelatihan guru, dengan mengadakan IHT (In House Trainning) terkait Google Classroom yang diikuti oleh guru-guru sebagai media pembelajaran daring selama pandemi, dengan adanya IHT (In House Trainning) terkait e-rapor dalam menanggapi pandemi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yuliatus Sa'adah
Date Deposited: 04 Aug 2022 02:48
Last Modified: 04 Aug 2022 02:48
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5332

Actions (login required)

View Item View Item