Sari, Indah Perwito (2022) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Pelanggaran Tata Tertib Siswa Di SMA Negeri 4 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932135018_prabab.pdf Download (669kB) |
|
Text
932135018_bab1.pdf Download (332kB) |
|
Text
932135018_bab2.pdf Download (436kB) |
|
Text
932135018_bab3.pdf Download (315kB) |
|
Text
932135018_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) |
|
Text
932135018_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) |
|
Text
932135018_bab6.pdf Download (185kB) |
|
Text
932135018_daftarpustaka.pdf Download (410kB) |
|
Text
932135018_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932135018_suratpernyataan.pdf Download (417kB) |
Abstract
ABSTRAK Sari, Indah Perwito. 2022. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Pelanggaran Tata Tertib Siswa di SMA Negeri 4 Kota Kediri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri. Dr. H. Muniron, M. Ag. dan Nurul Ahsin, M.Pd.I. Kata Kunci: Peran, Guru PAI, Pelanggaran, Tata Tertib. Penelitian mengenai peran guru PAI dalam mengatasi pelanggaran tata tertib siswa di SMA Negeri 4 Kota Kediri ini dilatarbelakangi oleh beberapa sebab. Pertama, semakin tingginya pelanggaran yang dilakukan oleh siswa SMAN 4 Kota Kediri. Kedua, kurang optimalnya guru dalam menjalankan perannya di lingkungan sekolah. Dari latar belakang tersebut maka dirumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Apa saja bentuk pelanggaran tata tertib oleh siswa di SMAN 4 Kota Kediri; 2) Apa saja faktor yang mempengaruhi terjadinya pelanggaran siswa di SMAN 4 Kota Kediri; 3) Bagaimana peran guru PAI sebagai teladan dan pembimbing dalam mengatasi pelanggaran tata tertib di SMAN 4 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian yaitu guru PAI, guru BK dan siswa SMAN 4 Kota Kediri. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi, penyajian data dan penyimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bentuk pelanggaran tata tertib siswa di SMAN 4 Kota Kediri antara lain keterlambatan, berbicara kasar, atribut tidak lengkap, kurang tertib, membolos dan merokok; 2) Faktor yang mempengaruhi pelanggaran di SMAN 4 Kota Kediri dibagi menjadi dua. Faktor internal disebabkan oleh konflik batin dan sifat naluriah remaja. Faktor eksternal disebabkan oleh keadaan (covid-19), keluarga bermasalah dan pertemanan tidak tepat; 3) Peran guru PAI sebagai teladan dan pembimbing dalam mengatasi pelanggaran tata tertib di SMAN 4 Kota Kediri. Sebagai teladan guru mengoptimalkan pelaksanaan kompetensi kepribadiannya yang diwujudkan dengan datang tepat waktu, bekerja sama, adil, tegas, sopan, jujur dan memberi teladan baik. Sebagai pembimbing guru menegur, memberi sanksi, memecahkan permasalahan dan melakukan pembiasaan positif.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Indah Perwito Sari |
Date Deposited: | 01 Aug 2022 03:52 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 03:52 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5322 |
Actions (login required)
View Item |