Implementasi Metode UMMI Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Di MI Miftahul Huda Silir Wates Kediri Tahun Ajaran 2021/2022

Putri, Rahmawati (2022) Implementasi Metode UMMI Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Di MI Miftahul Huda Silir Wates Kediri Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932107918_prabab.pdf

Download (698kB)
[img] Text
932107918_bab1.pdf

Download (354kB)
[img] Text
932107918_bab2.pdf

Download (384kB)
[img] Text
932107918_bab3.pdf

Download (248kB)
[img] Text
932107918_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text
932107918_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text
932107918_bab6.pdf

Download (244kB)
[img] Text
932107918_daftarpustaka.pdf

Download (120kB)
[img] Text
932107918_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
932107918_suratpernyataan.pdf

Download (199kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap pengelolaan pembelajaraan al-Qur’an menggunakan Metode Ummi bertujuan meningkatkan kemampuan membaca siswa di MI Miftahul Huda Silir Wates Kediri. Yang kedua penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaraan al-Qur’an yang meliputi penerapan Metode Ummi, kondisi kemampuan setelah siswa mengimplementasikan metode ummi, dan faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran serta sarana dan prasarana pembelajaran al-Qur’an menggunakan Metode Ummi untuk mengetahui peningkatan bacaan al-Qur’an yang dialami siswa di MI Miftahul Huda Silir Wates Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di MI Miftahul Huda Silir. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi survey dan pengabsahan data. Teknik analisis data dengan cara mengumpumpulkan data dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan data dengan cara triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan Metode Ummi di MI Miftahul Huda Silir telah berlangsung selama kurang lebih 2 tahun, namun sekolah tersebut baru fokus dan mampu beradaptasi dengan metode tersebut sekitar 1,5 tahun terakhir. Pembelajaran Metode Ummi melalui 7 tahapan dengan durasi waktu 45 menit dalam pelajaran. Setelah penerapan hasilnya siswa-siswi sangat antusias dalam kegiatan belajar, setelah selesai jilid 6 ke jilid 7 dan 8 sudah bisa membaca dengan tartil. Faktor pendukung berupa sarana dan prasarana yang memadai. Namun faktor penghambatnya ialah kemampuan siswa yang berbeda-beda, pengaturan waktu yang tidak efektif pembelajaran dan tempat yang belum sesuai dengan metode ummi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education (Pendidikan usia dini)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Rahmawati
Date Deposited: 15 Dec 2022 06:23
Last Modified: 15 Dec 2022 06:23
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5316

Actions (login required)

View Item View Item