Pengembangan Media Papan Keberagaman Pada Mata Pelajaran Tematik Kelas IV Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di SDN 2 Palangan Lamongan

Tsaniyah, Warda Nabilla (2022) Pengembangan Media Papan Keberagaman Pada Mata Pelajaran Tematik Kelas IV Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di SDN 2 Palangan Lamongan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932607618_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932607618_bab1.pdf

Download (157kB)
[img] Text
932607618_bab2.pdf

Download (178kB)
[img] Text
932607618_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text
932607618_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text
932607618_bab5.pdf

Download (68kB)
[img] Text
932607618_daftarpustaka.pdf

Download (133kB)
[img] Text
932607618_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932607618_suratpernyataan.pdf

Download (392kB)

Abstract

Berdasarkan wawancara dengan guru kelas IV SDN 2 Palangan Lamongan, peneliti mendapatkan informasi bahwa kelas IV mengalami kesulitan belajar pada Tema 7 (Indahnya Keragaman di Negeriku), Subtema 1 (Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku), Pembelajaran 3. Dalam hal tersebut peneliti mengembangkan media papan keberagaman, bentuk dari media papan keberagaman seperti kotak catur namun bisa dibuka keatas dan kebawah dan dilapisi stiker yang diberi kretekan baju untuk memudahkan peserta didik dalam menempelkan jawaban dalam media papan keberagaman. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian pengembangan yang biasa disebut dengan Rnd (Research and Development. Penelitian ini mengacu pada model ADDIE yang mana pada model ini terdapat lima tahapan yakni: Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang terdiri dari 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil dari pengembangan media papan keberagaman ini menunjukan bahwa materi dalam media sangat layak untuk digunakan. Hal tersebut dilihat dari hasil validasi materi diperoleh 95%. Pada ahli media dapat diperoleh 91% dan 98% yang menujukan bahwa media sangat layak untuk digunakan. Sedangkan dari respon peserta didik mendapat 18 peserta didik yang menyatakan media sangat layak dan yang 2 menyatakan bahwa media layak untuk digunakan. Hasil dari uji tes dengan menggunakan Pre-test dan Post-Test menunjukkan adanya peningkatan. Dimana hasil dari Pre-test 67 sedangkan Post-Test 86. Dapat dilihat dari hasil data tersebut maka penggunaan media papan keberagaman untuk meningkatakan hasil belajara tematik siswa kelas IV SDN 2 Palangan Lamongan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Warda Nabilla Tsaniyah
Date Deposited: 01 Aug 2022 04:42
Last Modified: 01 Aug 2022 04:42
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5315

Actions (login required)

View Item View Item