Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas V Di MI Al-Azhar Kediri

Nurfadillah, Fahdina (2022) Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas V Di MI Al-Azhar Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932127417_prabab.pdf

Download (646kB)
[img] Text
932127417_bab1.pdf

Download (177kB)
[img] Text
932127417_bab2.pdf

Download (321kB)
[img] Text
932127417_bab3.pdf

Download (216kB)
[img] Text
932127417_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
932127417_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text
932127417_bab6.pdf

Download (110kB)
[img] Text
932127417_daftarpustaka.pdf

Download (169kB)
[img] Text
932127417_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

FAHDINA NURFADILLAH, Dosen Pembimbing MOH. ROIS, MA,. Dan AGUS DWI SANTOSA, M.Pd,. Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas V Di MI Al – Azhar Kediri. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci: Strategi Guru Akidah Akhlak, Motivasi Belajar Guru adalah tenaga pendidik yang mempunyai tanggung jawab yang besar untuk memimpin dan membimbing dalam proses pembelajaran demi tercapainya tujuan belajar yang diinginkan, keberhasilan belajar siswa dipengaruhi oleh motivasi, maka dalam hal ini seorang guru diharapkan harus dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan strategi yang sesuai dengan materi pembelajaran yang akan disampaikan karena tidak semua metode pembelajaran bisa digunakan dalam proses belajar mengajar. Guru dituntut dalam bidangnya untuk keberhasilan siswa dalam belajarnya agar siswa termotivasi dalam belajar dan dapat mencapai apa yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Menjelaskan strategi guru mata pelajaran Akidah Akhlak di MI Al – Azhar Kediri dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, 2. Menjelaskan faktor pendukung dan penghambat yang dialami oleh guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas V di MI Al – Azhar Kediri dalam menggunakan strategi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.Jenis penelitiannya adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, untuk menguji keabsahan datanya dengan menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah strategi yang digunakan oleh guru Akidah Akhlak yaitu dengan menggunakan pendekatan secara individu dan kelompok dan dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan yang disesuaikan dengan materi pembelajaran, karena tidak semua metode bisa digunakan. Metode yang digunakan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu metode kelompok, diskusi, dan pemberian tugas. Kemudian faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu faktor pendukungnya: orang tua, lingkungan sekitar, dan tenaga pendidikan yang cukup berkompeten. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kuragnya kefahaman siswa terhadap materi pelajaran yang disampaikan, dan kurangnya kemauan dari diri siswa sendiri untuk belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030201 Morals (Akhlak)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahdina Nurfadillah
Date Deposited: 29 Jul 2022 08:04
Last Modified: 29 Jul 2022 08:04
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5304

Actions (login required)

View Item View Item