Upaya Pengajar Dalam Pembinaan Menghafal Al-Qur'an Santri Di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Klinterejo Sooko Mojokerto

Rochmatul, Laila (2022) Upaya Pengajar Dalam Pembinaan Menghafal Al-Qur'an Santri Di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Klinterejo Sooko Mojokerto. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932120518 PRABAB SKRIPSI.pdf

Download (491kB)
[img] Text
932120518 BAB I.docx.pdf

Download (244kB)
[img] Text
932120518 BAB II.docx.pdf

Download (321kB)
[img] Text
932120518 BAB III.docx.pdf

Download (183kB)
[img] Text
932120518 BAB IV...pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
932120518 BAB V.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
932120518 BAB VI.pdf

Download (126kB)
[img] Text
932120518 DAFTAR PUSTAKA.docx.pdf

Download (147kB)
[img] Text
932120518 LAMPIRAN-LAMPIRAN.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
932120518_suratpernyataan.pdf

Download (155kB)

Abstract

Pembinaan pengajar adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara efektif untuk memperoleh hasil yang lebih baik serta mempertahankan dan meyempurnakan apa yang telah ada yang sesuai dengan yang diharapkan dengan binaan dari ustadz dan ustadzah. Menghafal al-Qur’an suatu usaha untuk mengingat ayat- ayat Allah tanpa melihat tulisannya dan asas tajwidnya. Pondok pesantren tahfidzul Qur’an Klinterejo Sooko Mojokerto merupakan salah satu pesantren yang berupaya untuk membina santri dalam menghafal al-Qur’an yang berpartisipasi dengan Madrasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Data primer dari penelitian ini adalah ketua yayasan, pembina 1 dan 2, ustadz/ah, dan guru tahfizh Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an. Data sekunder berasal dari dokumen- dokumen Pondok Pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode apa saja yang digunakan dan proses pembinaan menghafal al-Qur’an yang akan menentukan sejauh mana kemampuan santri dalam menghafal al-Qur’an. Hasil dari penelitian ini menunjukkan metode yang digunakan dalam menghafal al-Qur’an dan proses pembinaannya dapat berjalan dengan baik. Dengan adanya pembinaan dari pengasuh pondok pesantren yang saling berpartisipasi dengan Madrasah santri akan lebih cepat dalam menyelesaikan hafalan al-Qur’an. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Sebagian besar santri tahfizh mampu menyelesaikan hafalan al-Qur’annya dengan cepat. Dan dievaluasi melalui ujian tahfizh terbuka yang berpartisipasi langsung antara Pondok Pesantren dan Madrasah yang memfasilitasi santri tahfizh dengan memperbanyak waktu hafalan baik ketika di Pondok maupun di Madrasah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Depositing User: Rochamtul Laila
Date Deposited: 29 Jul 2022 07:14
Last Modified: 29 Jul 2022 07:14
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5294

Actions (login required)

View Item View Item