Penerapan Metode Demontrasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII A Mata Pelajaran Fiqih Materi Sholat Berjamaah Di MTs. Negeri Filial Doko

Syah, Agus Ardhian (2015) Penerapan Metode Demontrasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII A Mata Pelajaran Fiqih Materi Sholat Berjamaah Di MTs. Negeri Filial Doko. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932102110 prabab.pdf

Download (516kB)
[img] Text
932102110 BAB I Skripsi Revisi.pdf

Download (276kB)
[img] Text
932102110 BAB II Skripsi Revisi.pdf

Download (464kB)
[img] Text
932102110 BAB III Skripsi Revisi.pdf

Download (304kB)
[img] Text
932102110 BAB IV Skripsi Revisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
932102110 BAB V Skripsi Revisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text
932102110 BAB VI Skripsi Revisi.pdf

Download (152kB)
[img] Text
932102110 Daftar Pustaka Revisi.pdf

Download (155kB)

Abstract

Dalam pembelajaran yang menggunakan metode ceramah tidak semua siswa mampu berkonsentrasi dalam waktu yang lama, sehingga peserta didik merasa jenuh atau bosan dalam pembelajaran Fiqih dan akhirnya berdampak pada motivasi belajar siswa yang rendah. Dari 38 siswa kelas VII A di MTs. Negeri Filial Doko, yang tidak bermasalah hanya 4 siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti mencoba metode baru yang diduga dapat menigkatkan motivasi belajar siswa yaitu dengan menggunakan metode demontrasi. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode demontrasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII A di MTs. Negeri Filial Doko. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan sebanyak dua siklus dengan empat tahapan, 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data observasi, analisis data dokumentasi, dan analisis data interview. Hasil dari penelitian ini, yaitu: 1) Pada pra siklus dengan menggunakan metode ceramah motivasi belajar siswa tergolong rendah. Hal ini disebabkan siswa kurang berminat dan merasa bosan sehingga kurang memahami materi. 2) Pada siklus I, dengan menggunakan metode demontrasi motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus sebelumnya. Hal ini dapat ditunjukkan dengan indikator siswa yang aktif bertanya masih sebagian, semangat siswa dalam proses pembelajaran belum nampak baik, masih ada beberapa siswa yang belum memperhatikan ketika guru menjelaskan dan memperagakan, masih ada beberapa siswa yang belum tertarik dengan materi yang disampaikan guru dengan metode demontrasi. 3) Pada siklus II, dengan menggunakan metode demontrasi motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini menunjukkan adanya perubahan motivasi belajar pada diri siswa dari siklus sebelumnya. Perubahan motivasi belajar pada diri siswa itu antara lain: hampir seluruh siswa aktif bertanya, semangat siswa dalam proses pembelajaran sudah baik, hampir semua siswa memperhatikan ketika guru menjelaskan dan memperagakan, hampir semua siswa tertarik dengan materi yang disampaikan guru dengan metode demontrasi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 28 Jul 2022 03:44
Last Modified: 28 Jul 2022 03:44
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5273

Actions (login required)

View Item View Item