Implementasi Metode Jibril Dalam Pembelajaran Al’Qur’an di Pondok Pesantren Ma’unah Sari Bandar Kidol Kediri

Mu’afi, Ahmad (2015) Implementasi Metode Jibril Dalam Pembelajaran Al’Qur’an di Pondok Pesantren Ma’unah Sari Bandar Kidol Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932104210 Pra BAB.pdf

Download (594kB)
[img] Text
932104210 BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932104210 BAB II.pdf

Download (886kB)
[img] Text
932104210 BAB III.pdf

Download (444kB)
[img] Text
932104210 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img] Text
932104210 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text
932104210 BAB VI.pdf

Download (125kB)
[img] Text
932104210 Daftar Pustaka.pdf

Download (228kB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran Al-Qur’an, metode mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam upaya penyampaian tujuan. Karena metode menjadi sarana dalam menyampaikan materi pelajaran yang tersusun dalam kurikulum. Tanpa metode, suatu materi pelajaran tidak akan dapat berproses secara efisien dan efektif dalam kegiatan belajar mengajar menuju tujuan pendidikan. Adapun yang dibahas disini adalah tentang metode Jibril dengan latarbelakang perintah Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW untuk mengikuti bacaan Al-Qur’an yang telah dibacakan oleh Malaikat Jibril. Adapun permasalahan yang diteliti dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana implementasi Metode Jibriln dalam pembelajaran Al-Quran Di Pondok Pesantren Ma’unah Sari Bandar Kidol Kediri. (2) Bagaimana hambatan-hambatan yang di hadapi serta alternatif pemecahannya dalam pembelajaran Al-Qur’an di Pondok Pesantren Ma’unah Sari. Peneliti ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui Implementasi Pembelajaran Al-Qur'an melalui Metode Jibril Di Pondok Pesantren Ma’unah Sari Bandar Kediri (2) Untuk mengetahuai hambatan-hambatan yang dihadapi serta alternatif pemecahanya dalam pembelajaran Al-Qur’an di Pondok Pesantren Ma’unah Sari. Dalam melakukan penelitian ini penulis meggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu data yang disajikan berupa kata-kata/ gambaran-gambaran. Dan dalam pengumpulan datanya, penulis menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa tehnik penerapan pembelajaran al-Quran di pondok pesantren maunah sari kediri memiliki dua tahap yaitu tahap tahqiq dan tartil Penelitian ini penulis harapkan dapat dijadikan sumbangan pemikiran terhadap suatu sistem pembelajaraan Al-Qur’an di TPQ-TPQ, Pondok Pesantren, maupun tempat-tempat diadakannya pembelajaran Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 28 Jul 2022 03:38
Last Modified: 28 Jul 2022 03:38
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5272

Actions (login required)

View Item View Item