Strategi Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo Unit Darussalam Dalam Memadukan Pendidikan Formal Dan Non-Formal

Muhammad Ilzam Firobby, Fiar (2022) Strategi Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo Unit Darussalam Dalam Memadukan Pendidikan Formal Dan Non-Formal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932120417_prabab.pdf

Download (741kB)
[img] Text
932120417_bab1.pdf

Download (366kB)
[img] Text
932120417_bab2.pdf

Download (364kB)
[img] Text
932120417_bab3.pdf

Download (314kB)
[img] Text
932120417_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB)
[img] Text
932120417_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
932120417_bab6.pdf

Download (151kB)
[img] Text
932120417_daftar_pustaka.pdf

Download (281kB)
[img] Text
932120417_suratpernyataan.pdf

Download (564kB)

Abstract

ABSTRAK Firobby, Muhammad Ilzam, 2022. Strategi Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo Unit Darussalam dalam Memadukan Pendidikan Formal dan NonFormal, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. Iskandar Tsani, M.Ag. (2) Novi Rosita Rahmawati, M.Pd. Kata Kunci : Strategi, Memadukan, Pendidikan Formal dan Non-Formal Awal pondok pesantren bersifat tradisional yang fokus mendalami ilmuilmu agama Islam sebagai pedoman hidup dengan menekankan pentingnya moral dalam bermasyarakat. Pesantren masih konsisten dengan konsep sistem pendidikan yang mungkin oleh sebagian orang dianggap kuno. Seiring dengan pergeseran zaman, santri juga membutuhkan sebuah pengakuan formalitas pada lingkungan masyarakat. Sebutlah seperti ijazah serta penguasaan bidang keahlian atau keterampilan tertentu yang dapat mengantarkanya agar mampu menjalani kehidupan yang layak. Maka dari itu, pesantren yang awalnya dikenal hanya fokus pada pelajaran yang bersumber dari kitab klasik, kini berkembang dan ikut serta membantu belajar di sekolah formal. Dari latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi pengasuh dalam memadukan pendidikan formal dan nonformal di Pondok Pesantren Lirboyo Unit Darussalam?. (2) Bagaimana implementasi strategi tersebut dalam pendidikan formal dan non-formal di Pondok Pesantren Lirboyo Unit Darussalam?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus lapangan dan rancangan penelitian yang bersifat deskriptif. Adapun responden dalam penelitian ini yaitu pengasuh pondok pesantren Lirboyo Unit Darussalam, pengurus pondok pesantren Lirboyo Unit Darussalam, santri pondok pesantren Lirboyo Unit Darussalam. Pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian ini menghasilkan temuan penelitian yaitu: (1) Strategi yang digunakan pengasuh pondok pesantren Lirboyo Unit Darussalam dalam memadukan pendidikan formal dan non-formal adalah sesuai dengan teori path goal, ciri-ciri strategi yang dimiliki oleh pengasuh bersifat internal dan eksternal, POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controling), dalam artian yang pertama adalah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan mengontrol. (2) Implementasi dari strategi pemaduan pendidikan formal dan non-formal pondok pesantren Lirboyo Unit Darussalam adalah adanya sarana dan prasarana yang mencukupi, membuat kebijakan yang bertitik tumpu pada kebutuhan dan kesanggupan santri. Kegiatan dan pengajian yang diselenggarakan tidak terlalu memberatkan untuk santri terkhusus santri yang mengikuti pendidikan di luar pondok/pendidikan formal.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Ilzam Firobby
Date Deposited: 01 Sep 2022 07:15
Last Modified: 01 Sep 2022 07:15
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5242

Actions (login required)

View Item View Item