Fawziati, Titik Meila (2022) Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Publikasi Digital Di SMP Bina Anak Sholeh Kabupaten Tuban. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932408118_prabab.pdf Download (825kB) |
|
Text
932408118_bab1.pdf Download (438kB) |
|
Text
932408118_bab2.pdf Download (478kB) |
|
Text
932408118_bab3.pdf Download (342kB) |
|
Text
932408118_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932408118_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) |
|
Text
932408118_bab6.pdf Download (195kB) |
|
Text
932408118_daftarpustaka.pdf Download (408kB) |
|
Text
932408118_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
TITIK MEILA FAWZIATI, Dosen Pembimbing Dr. Erwin Indrioko, M.Pd.I, dan Intan Nuyulis Naeni Puspita Sari, M.Pd.I, Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Publikasi Digital Di SMP Bina Anak Sholeh Kabupaten Tuban. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. 2022. Kata Kunci: Pemanfaatan, Media Sosial, Publikasi Digital Kehidupan masyarakat yang semakin bergantung dengan teknologi selalu diikuti dengan manfaat dan kebutuhannya masing-masing. Kemunculan teknologi juga didukung dengan munculnya internet dan media sosial yang memiliki peran penting dalam tatanan kehidupan masyarakat khususnya bidang pendidikan. Keberadaan media sosial di bidang pendidikan memiliki beberapa peran penting dalam upaya meningkatkan persaingan, salah satunya yaitu berperan sebagai sarana publikasi digital agar segala informasi dapat sampai kepada publik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis karakteristik dan jenis media sosial yang digunakan sebagai sarana publikasi digital di SMP Bina Anak Sholeh Kabupaten Tuban, (2) menelaah pemanfaatan media sosial sebagai sarana publikasi digital di SMP Bina Anak Sholeh Kabupaten Tuban, (3) menganalisis implikasi pemanfaatan media sosial sebagai sarana publikasi digital di SMP Bina Anak Sholeh Kabupaten Tuban. Design penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data yang digunakan merupakan data primer dan sekunder. Adapun sumber data yang dipilih meliputi: kepala sekolah, waka humas, admin instagram, 1 guru, 1 siswa, 1 masyarakat, dan 1 wali murid. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Dan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan peneliti bahwa: (1) Karakteristik media sosial yang digunakan dalam pemanfaatan media sosial sebgai sarana publikasi digital di SMP Bina Anak Sholeh meliputi: jaringan, informasi, arsip, interaksi, simulasi sosial, dan konten oleh pengguna. (2) Jenis media sosial yang digunakan sebagai publikasi digital di SMP Bina Anak Sholeh terdiri dari facebook, instagram dan youtube atau media sosial konten, dengan informasi yang berbentuk gambar, foto, dan video, serta redaksi. (3) Pemanfaatan media sosial di SMP Bina Anak Sholeh juga digunakan sebagai sarana komunikasi, diskusi, dan mencari teman, sebagai sarana penyebaran informasi sekolah, sebagai sarana promosi secara langsung dan tidak langsung, dan kemunculan istilah viral. (4) Implikasi pemanfaatan media sosial sebagai sarana publikasi digital di SMP Bina Anak Sholeh yang terdiri dari reaksi pihak internal, eksternal, dan wali murid yang merasa senang dan diuntungkan, adanya dampak positif serta negatif dari penggunaan media sosial, munculnya kendala-kendala selama pemanfaatan media sosial, dan solusi yang berupa evaluasi dari kendala yang terjadi.
Actions (login required)
View Item |