Problematika Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Dengan Menggunakan Metode Talqin Dan Talaqqi Di Rumah Tahfidz Al-Qur’an Abdulloh Bin Mas’ud Manisrenggo Kota Kediri

Windasari, Windasari (2022) Problematika Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Dengan Menggunakan Metode Talqin Dan Talaqqi Di Rumah Tahfidz Al-Qur’an Abdulloh Bin Mas’ud Manisrenggo Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932109518_PRABAB.pdf

Download (725kB)
[img] Text
932109518_BABI.pdf

Download (431kB)
[img] Text
932109518_BABII.pdf

Download (549kB)
[img] Text
932109518_BABIII.pdf

Download (338kB)
[img] Text
932109518_BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text
932109518_BABV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[img] Text
932109518_BABVI.pdf

Download (295kB)
[img] Text
932109518_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (399kB)
[img] Text
932109518_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (926kB)
[img] Text
932109518_suratpernyataan.pdf

Download (387kB)

Abstract

Sangat penting menanamkan cinta al-Qur’an dihati anak-anak sedini mungkin. Olah karena itu, perlu upaya maksimal dari orang tua untuk memotivasi anakanaknya untuk dapat cinta al-Qur’an dan menghafalkannya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana pelaksanaan serta problematika penerapan metode Talqin dan Talaqqi di Rumah Tahfidz al-Qur’an abdulloh bin Mas’ud Manisrenggo Kota Kediri 2) Mengetahui bagaimana upaya guru tahfidz dalam mengatasi problematika penerapan metode Talqin dan Talaqqi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif, sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder, subyek penelitian, tehnik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, dan metode yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Metode talqin di Rumah Tahfidz al-Qur’an Abdulloh bin Mas’ud Manisrenggo Kota Kediri di terapkan dengan dua versi yaitu dengan al-Qur’an hafalan dan speaker murrotal al-Qur’an. Sedangkan metode talaqqi diterapkan dengan cara siswa dipanggil satu persatu menyetorkan hafalan secara langsung kepada guru, dan hasil setoran tersebut ditulis pada lembaran buku catatan harian santri. 2) Dalam penerapan tahfiz di Rumah Tahfidz al-Qur’an Abdulloh bin Mas’ud Manisrenggo Kota Kediri masih terdapat kendala yang masih membatasi pencapaian sasaran, sehingga penerapan tahfiz terhadap siswa RTA tidak berjalan secara efektif. Dengan problematika yang dihadapi tentunya ada upaya untuk mengatasi problematika tersebut, upaya yang dilakukan guru tahfidz untuk mengatasi problematika tersebut yakni: Membacakan cerita-cerita Islami, bekerja sama dengan orang tua santri, memberikan motivasi kepada anak, dengan diadakannya progam BBA (Bina Baca al-Qur’an), memberikan tugas kepada anak sambil menunggu giliran maju.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Winda Sari
Date Deposited: 26 Jul 2022 04:57
Last Modified: 26 Jul 2022 04:57
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5210

Actions (login required)

View Item View Item