Matholib, M. Asnal (2016) Pengaruh Kualitas Produk Tabungan BRIS iB Terhadap Kepuasan Nasabah BRI Syariah di Pondok Pesantren Al-Falah Ploso Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
COVER_PEDOMAN TRANSLITERASI.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (432kB) |
|
Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf Download (464kB) |
|
Text
BAB III_METPEN.pdf Download (454kB) |
|
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
|
Text
BAB V PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (289kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP_tabel-r.pdf Restricted to Registered users only Download (921kB) |
Abstract
Menurut Philip Kotler Kepuasan konsumen adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja (hasil) suatu produk dengan harapannya. Tabungan BRISyariah iB merupakan tabungan dari BRISyariah bagi nasabah perorangan yang menggunakan prinsip titipan (wadi’ah), biasanya juga di sebut FAEDAH (Fasilitas Serba Mudah), yaitu fasiltas-fasilitas menarik yang di berikan kepada Nasabah Tabungan BRI Syariah iB. Namun, dengan beberapa kemudahan tersebut nasabah perlu memperhatikan beberapa hal yang mungkin terjadi dari produk tersebut. Diantaranya yakni tentang sistem ATM Bersama dan Prima yang sering error, keamanan internet banking, ancaman-ancaman internet banking, dan juga solusi alternative lainnya agar pelayanan nasabah memuaskan. Fokus penelitian yaitu 1) Bagaimana kualitas produk tabungan BRIS iB? 2) Bagaimana tingkat kepuasan nasabah BRI Syariah di Pondok Pesantren Al-Falah Ploso Kediri? 3) Bagaimana pengaruh kualitas produk tabungan BRIS iB terhadap kepuasan nasabah BRI Syariah di Pondok Pesantren Al-Falah Ploso Kediri? Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat regresi. Sumber data diperoleh dari hasil angket yang disebarkan pada nasabah yang berjumlah 90 responden. Analisis dilakukan dengan cara pengujian validitas & realibilitas, uji normalitas, analisis korelasi, analisis regresi linier sederhana, uji t dan terakhir uji determinasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan 1) Kualitas produk tabungan BRIS iB telah memfasilitasi nasabah dengan baik dalam bertransaksi. Hal ini dilihat dari nilai mean (rata-rata) angket sebesar 88,86 berdasarkan indikator reability, assurance, tangible, empathy, dan responsiveness, di mana dalam peningkatan kualitas produk tabungan BRIS iB maka dapat meningkatkan kepuasan nasabah BRI Syariah di Pondok Pesantren Al-Falah Ploso Kediri. 2)Kepuasan nasabah BRI Syariah di Pondok Pesantren Al-Falah Ploso Kediri dikategorikan cukup baik berdasarkan nilai mean (rata-rata) sebesar 92.03. berdasarkan hasil angket kepuasan nasabah terhadap kualitas produk, harga, pelayanan, emosional factor, biaya dan kemudahan. 3) Kualitas produk tabungan BRIS iB memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah di Pondok Pesantren Al-Falah Ploso Kediri. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung (9.657) yang lebih besar dari nilai ttabel (2,04) dan nilai signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari α (0,05). Bahwa ada hubungan yang signifikan antara Kualitas produk tabungan BRIS iB dengan kepuasan nasabah. Besarnya pengaruh Kualitas produk tabungan BRIS iB sebesar 51,4 % terhadap variabel kepuasan nasabah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 23 Jul 2019 04:17 |
Last Modified: | 23 Jul 2019 04:17 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/521 |
Actions (login required)
View Item |