Hasanah, Choirum Minatun (2022) Strategi Guru Dalam Menerapkan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV-D MI Al-Irsyad Al-Islamiyyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932606118_prabab.pdf Download (833kB) |
|
Text
932606118_bab1.pdf Download (708kB) |
|
Text
932606118_bab2.pdf Download (722kB) |
|
Text
932606118_bab3.pdf Download (681kB) |
|
Text
932606118_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932606118_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (677kB) |
|
Text
932606118_bab6.pdf Download (578kB) |
|
Text
932606118_daftar-pustaka.pdf Download (512kB) |
|
Text
932606118_lampiran-lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932606118_lembar-pernyataan-persetujuan-publikasi.pdf Download (380kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang telah lama menjalani pembelajaran jarak jauh di rumah. Dimana interaksi antara guru dengan peserta didik menjadi terbatas dan bentuk kedisiplinan serta pembiasaan ketika di rumah berbeda-beda. Hal ini berdampak pada perubahan sikap, perilaku, dan pengetahuan peserta didik. Sehingga rasa tanggung jawab pada peserta didik terhadap tugas yang diberikan menjadi kurang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan strategi guru dalam menerapkan karakter tanggung jawab pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV-D MI Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Kediri (2) Mendeskripsikan faktor penghambat yang dialami guru dalam menerapkan karakter tanggung jawab pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV-D MI Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Kediri (3) Mendeskripsikan faktor pendukung dalam menerapkan karakter tanggung jawab pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV-D MI Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Objek yang diteliti adalah strategi guru dalam menerapan karakter tanggung jawab pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV-D. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang di analisis dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) strategi yang digunakan guru dalam menerapkan karakter tanggung jawab pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV-D MI Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Kediri adalah keteladanan, pembiasaan, diskusi kelompok, dan pemberian motivasi. (2) faktor penghambat yang dialami guru dalam menerapkan karakter tanggung jawab pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV-D yaitu adanya perbedaan latar belakang peserta didik yang berbeda-beda, kurangnya motivasi dan perhatian dari orang tua, dan kurangnya rasa tanggung jawab peserta didik. (3) faktor pendukung dalam menerapkan karakter tanggung jawab pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV-D yaitu adanya tenaga pendidik yang mendukung, peserta didik yang aktif saat pembelajaran, dan tersedianya sarana dan prasarana yang lengkap dan memadai.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Choirum Minatun Hasanah |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 07:15 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 07:15 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5201 |
Actions (login required)
View Item |