Pengembangan Modul Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas II Tema 6 Merawat Hewan Dan Tumbuhan Di MIS Mambaul Ulum Kota Kediri

Widayanti, Desi (2022) Pengembangan Modul Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas II Tema 6 Merawat Hewan Dan Tumbuhan Di MIS Mambaul Ulum Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932600318_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932600318_bab1.pdf

Download (688kB)
[img] Text
932600318_bab2.pdf

Download (758kB)
[img] Text
932600318_bab3.pdf

Download (403kB)
[img] Text
932600318_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (861kB)
[img] Text
932600318_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text
932600318_daftarpustaka.pdf

Download (541kB)

Abstract

Motivasi belajar peserta didik memiliki peran yang penting dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru wali kelas II di MIS Mambaul Ulum Kota Kediri, didapatkan informasi bahwa peserta didik kelas II tersebut memiliki motivasi belajar yang rendah. Rendahnya motivasi belajar yang dimiliki oleh peserta didik, dikarenakan kurang menariknya buku yang digunakan dalam pembelajaran. Pada kegiatan pembelajaran, guru hanya menggunakan buku tematik yang materinya dipaparkan secara singkat serta kualitas bukunya kurang menarik, sehingga menyebabkan kurangnya motivasi belajar peserta didik. Maka dari itu, peneliti berinisiatif untuk mengembangkan sebuah produk berupa modul pembelajaran sebagai pendukung buku tematik yang ada, khususnya pada tema 6 Merawat Hewan dan Tumbuhan. Tujuan penelitian dan pengembangan yang dilakukan adalah untuk mengetahui bagaimana kelayakan modul pembelajaran tema 6 Merawat Hewan dan Tumbuhan serta untuk mengetahui apakah modul pembelajaran yang telah dikembangkan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas II khususnya di MIS Mambaul Ulum Kota Kediri. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model Dick & Carey yang melalui sembilan tahapan penelitian dan pengembangan produk. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan adalah modul pembelajaran yang telah dikembangkan tersebut sudah layak untuk digunakan dalam pembelajaran dengan presentase kelayakan 90% untuk angket respon guru pada uji coba perorangan, 92% untuk angket respon guru pada uji coba kelompok kecil dan 98% untuk angket respon guru pada uji coba kelompok besar. Kemudian kelayakan modul pembelajaran juga dapat dilihat dari persentase kelayakan modul jika dilihat dari respon peserta didik. Untuk respon peserta didik pada uji coba perorangan menghasilkan persentase kelayakan modul sebesar 98,33%, pada respon peserta didik uji coba kelompok kecil memperoleh persentase kelayakan modul sebesar 96,67%, serta pada peserta didik uji coba kelompok besar memperoleh persentase kelayakan modul sebesar 95,10%. Modul pembelajaran tema 6 Merawat Hewan dan Tumbuhan juga dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas II dengan rata-rata peningkatan motivasi setiap indikatornya sebesar 8,27%. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran yang telah dikembangkan sudah layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran serta modul pembelajaran tersebut dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas II, khususnya di MIS Mambaul Ulum Kota Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Desi Widayanti
Date Deposited: 25 Jul 2022 06:18
Last Modified: 25 Jul 2022 06:18
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5200

Actions (login required)

View Item View Item