Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah Dalam Menciptakan Literasi Al - Qur'an Di SD NU Kecamatan Pagu Kediri

Nikmah, Salimatun (2022) Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah Dalam Menciptakan Literasi Al - Qur'an Di SD NU Kecamatan Pagu Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932405418_prabab.pdf

Download (426kB)
[img] Text
923405418_bab1.pdf

Download (301kB)
[img] Text
932405418_bab2.pdf

Download (351kB)
[img] Text
932405418_bab3.pdf

Download (251kB)
[img] Text
932405418_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img] Text
932405418_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
932405418_bab6.pdf

Download (211kB)
[img] Text
932405418_daftarpustaka.pdf

Download (228kB)
[img] Text
932405418_suratpernyataan.pdf

Download (380kB)

Abstract

Perkembangan zaman saat ini mengalami peningkatan dan kemajuan yang sangat pesat. Dimana ditandai dengan munculnya ilmu pengetahuan dan teknologi informasi serba canggih. Dalam hal tersebut perlu adanya peningkatan kemampuan literasi yang baik terutama literasi Al – Qur’an. Urgensi dari kegiatan literasi Al – Qur’an yaitu untuk meningkatkan kemampuan seseorang dalam membaca, menulis, menghafal, menyimak, dan mendengarkan mengenai Al – Qur’an sehingga dapat meningkatkan minat baca seseorang serta kesadaran beragama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Implementasi kepemimpinan situasional kepala sekolah dalam menciptakan literasi Al – Qur’an di SD NU Kecamatan Pagu Kediri, (2) Implementasi Program dalam menciptakan literasi Al – Qur’an di SD NU Kecamatan Pagu Kediri, dan (3) Hasil dari kepemimpinan situasional kepala sekolah dalam menciptakan literasi Al – Qur’an di SD NU Kecamatan Pagu Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Adapun sumber data yang dipilih yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, 1 guru pendidikan agama islam, guru kelas 1, guru kelas 3, guru kelas 5, dan 6 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui trianggulasi sumber, teknik, dan waktu. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa implementasi kepemimpinan situasional meliputi: kepala sekolah memberikan perintah kepada bawahan dengan mengarahkan mengenai kegiatan yang akan dikerjakan, kepala sekolah mengajak diskusi atau rapat kepada guru literasi Al – qur’an untuk menyampaikan saran, kritik serta pendapat, kepala sekolah juga ikut berperan aktif dengan cara kepala sekolah ikut mengajar kegiatan literasi Al – Qur’an, dan kepala sekolah mempercayakan tugas mengajar literasi Al – Qur’an kepada guru PAI. Sedangkan untuk implementasi program literasi kepala sekolah menggunakan beberapa tahapan yang meliputi: menyusun rencana program, jadwal kegiatan, pelaksanaan kegiatan dilakukan sebelum dan sesudah pelajaran dimulai dengan waktu 30 menit, serta evaluasi kegiatan dilakukan setiap 1 bulan sekali. Kemudian Hasil dari kepemimpinan situasional kepala sekolah dalam menciptakan literasi yaitu meningkatkan ketrampilan dalam membaca, menulis, dan menghafal Al – Qur’an, mendapatkan ilmu pengetahuan mengenai Al – Qur’an cara membaca Al – Qur’an sesuai tajwid serta dapat meningkatkan minat baca Al – Qur’an siswa sehingga menimbulkan kesadaran beragama pada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Salimatun Nikmah
Date Deposited: 25 Jul 2022 04:40
Last Modified: 25 Jul 2022 04:40
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5186

Actions (login required)

View Item View Item