Putri, Hanifa Nur Septiana (2022) Evaluasi Pembelajaran Al-Qur'an Metode Ummi Di Pesantren Pelajar Al-Fath Rejomulyo Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932107018_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932107018_bab1.pdf Download (481kB) |
|
Text
932107018_bab2.pdf Download (368kB) |
|
Text
932107018_bab3.pdf Download (253kB) |
|
Text
932107018_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) |
|
Text
932107018_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) |
|
Text
932107018_bab6.pdf Download (130kB) |
|
Text
932107018_daftarpustaka.pdf Download (227kB) |
|
Text
932107018_suratpernyataan.pdf Download (410kB) |
Abstract
HANIFA NUR SEPTIANA PUTRI, NIM. 932107018. Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur’an Metode Ummi di Pesantren Pelajar Al-Fath Rejomulyo Kediri. Skripsi, Program Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. Iskandar Tsani, M.Ag dan (2) Sufirmansyah, M.Pd.I Kata Kunci: Al-Qur’an, CIPP (context, input, process, product), Evaluasi, Metode Ummi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bagaimana evaluasi context dalam pelaksanaan pembelajaran metode Ummi di Pesantren Pelajar Al-Fath. 2) bagaimana evaluasi input dalam pelaksanaan pembelajaran metode Ummi di Pesantren Pelajar Al-Fath. 3) bagaimana evaluasi process dalam pelaksanaan pembelajaran metode Ummi di Pesantren Pelajar Al-Fath. 4) bagaimana evaluasi product dalam pelaksanaan pembelajaran metode Ummi di Pesantren Pelajar Al-Fath. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian evaluasi dengan model CIPP (Context, Input, Process, Product) menggunakan teori Daniel Stufflebeam. Teknik pengumpulan data menguunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data yang sudah sesuai kemudian dilakukan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan komponen 1) context meliputi tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan metode Ummi di Pesantren Pelajar Al-Fath adalah terpenuhinya kebutuhan mendasar santri yaitu dapat membaca AL-Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah ilmu tajwid serta untuk membekali santri dalam hal berperan di masyarakat. Metode Ummi yang unik dianggap cocok untuk diterapkan dalam pembelajaran Al-Qur’an di Pesantren pelajar Al-Fath. Pelaksanaan metode Ummi mendapat dukungan serta kerjasama dari berbagai pihak demi terlaksananya program pembelajaran. 2) input yakni SDM pengajar Ummi sudah memadai. Anggaran dana bersumber dari santri sendiri namun bukan termasuk syahriyah. Sarana dan prasarana juga sudah memadahi dan sudah sesuai dengan standar Ummi. Prosedur yang digunakan mengikuti standarisasi program dasar Ummi, namun masih diperlukan adanya perbaikan di bagian prosedur evaluasi. 3) process pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan selama 45 menit. Pengajar/ustadzah sudah baik dalam menyampaikan materi dan sudah memenuhi 7 tahapan pembelajaran metode Ummi. Hambatan yang terjadi berasal dari faktor waktu dan santri itu sendiri. Namun masih diperlukan adanya perbaikan di bagian waktu pelaksanaan serta penilaian untuk peserta didik. 4) product serta manfaat dari pelaksanaan program metode Ummi adalah santri dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah ilmu tajwid serta santri bisa lebih eksis dan berperan di masyarakat. Namun masih terus diperlukan adanya perbaikan seperti persiapan yang matang dari santri sebelum melaksanakan tashih guna mendapat hasil yang maksimal.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Hanifa Nur Septian Putri |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 02:43 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 02:43 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5184 |
Actions (login required)
View Item |