Azizah, Fita Nuril (2022) Commognitive Siswa MTsN 3 Nganjuk Dalam Proses Pemecahan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932307218_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932307218_bab1.pdf Download (495kB) |
|
Text
932307218_bab2.pdf Download (613kB) |
|
Text
932307218_bab3.pdf Download (283kB) |
|
Text
932307218_bab3.pdf Download (283kB) |
|
Text
932307218_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932307218_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) |
|
Text
932307218_bab6.pdf Download (192kB) |
|
Text
932307218_daftarpustaka.pdf Download (413kB) |
|
Text
932307218_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
932307218_suratpernyataan.pdf Download (201kB) |
Abstract
Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Pemecahan masalah memiliki peranan penting dalam menciptakan proses berpikir, pemahaman konsep, komunikasi matematis siswa serta membantu siswa dalam menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Proses pemecahan masalah siswa dapat dianalisis dengan commognitive. Commognitive siswa penting diketahui sebagai upaya melihat kemampuan dan cara berpikir siswa dalam pemecahan masalah. Dengan mengkaji commognitive siswa maka kita dapat melihat kemampuan dan cara berpikir siswa dalam proses pemecahan masalah dan memperbaiki apa yang masih kurang dikuasai siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan commognitive siswa kelas VIII MTsN 3 Nganjuk dalam proses pemecahan masalah bangun ruang sisi datar berdasarkan tahapan Polya. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data adalah dengan tes tertulis pemecahan masalah dan wawancara yang sebelumnya telah divalidasi oleh ahli. Setelah diberikan soal tes pemecahan masalah bangun ruang sisi datar, selanjutnya diambil 3 siswa dengan kategori 1 siswa berkemampuan pemecahan masalah tinggi, 1 siswa berkemampuan pemecahan masalah sedang, dan 1 siswa berkemampuan pemecahan masalah rendah untuk selanjutnya dijadikan subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pemecahan masalah bangun ruang sisi datar seluruh subjek menggunakan komponen commognitive pada setiap tahapannya. Pada tahapan memahami masalah subjek S1 menggunakan word use dan narrative, subjek S2 dan S3 menggunakan word use. Pada tahap merencanakan strategi subjek kategori tinggi menggunakan word use dan visual mediator. Subjek dengan kategori sedang menggunakan word use. Pada tahap melaksanakan strategi subjek dengan kategori tinggi menggunakan word use, visual mediator, narrative, dan routine. Subjek dengan kategori sedang menggunakan word use, narrative, dan routine. Subjek dengan kategori rendah menggunakan word use dan routine. Pada tahap memeriksa kembali subjek dengan kategori tinggi menggunakan word use dan routine. Sedangkan subjek dengan kategori sedang dan rendah menggunakan routine.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | Fita Nuril Azizah |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 03:56 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 03:56 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5145 |
Actions (login required)
View Item |