Zahro, Mildasari Saiful (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis HOTS Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII MTsN 3 Nganjuk Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Prisma dan Limas. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932306618_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932306618_bab1.pdf Download (514kB) |
|
Text
932306618_bab2.pdf Download (740kB) |
|
Text
932306618_bab3.pdf Download (684kB) |
|
Text
932306618_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) |
|
Text
932306618_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) |
|
Text
932306618_bab6.pdf Download (353kB) |
|
Text
932306618_daftarpustaka.pdf Download (425kB) |
|
Text
932306618_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (28MB) |
|
Text
932306618_suratpernyataan.pdf Download (280kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis HOTS terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII MTsN 3 Nganjuk. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Desain yang digunakan adalah posttest only control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTsN 3 Nganjuk yang terdiri dari 10 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, sehingga dari seluruh populasi dipilih dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran problem based learning berbasis HOTS, sedangkan kelas kontrol adalah kelas yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa RPP, LAS (Lembar Aktivitas Siswa), lembar observasi, dan soal tes. Hasil penelitian ini telah menyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis HOTS terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Data yang dianalisis pada penelitian ini diperoleh berdasarkan hasil posttest siswa. Adapun hasil uji analisis data berdasarkan nilai posttest yang dilakukan dengan uji independent samples t-test mendapatkan nilai signifikansi <0,05 [0,000<0,05], yang artinya terdapat perbedaan rata-rata penalaran matematis siswa antara menggunakan model pembelajaran problem based learning berbasis HOTS dengan model pembelajaran konvensional. Sedangkan, hasil uji analisis data dengan uji one samples t-test mendapatkan nilai signifikansi <0,05 [0,000<0,05], yang artinya model pembelajaran problem based learning berbasis HOTS efektif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis HOTS terhadap penalaran matematis siswa kelas VIII di MTsN 3 Nganjuk pada materi bangun ruang sisi datar prisma dan limas.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | Mildasari Saiful Zahro |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 03:54 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 03:54 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5144 |
Actions (login required)
View Item |