Cahyani, Farida Nur (2022) Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Melalui Program ATM (Al Fath Teaching Methods). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932404218_prabab.pdf Download (312kB) |
|
Text
932404218_bab1.pdf Download (214kB) |
|
Text
932404218_bab2.pdf Download (210kB) |
|
Text
932404218_bab3.pdf Download (198kB) |
|
Text
932404218_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (711kB) | Request a copy |
|
Text
932404218_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) | Request a copy |
|
Text
932404218_bab6.pdf Download (97kB) |
|
Text
932404218_daftarpustaka.pdf Download (46kB) |
Abstract
Kurikulum merupakan salah satu komponen pendidikan yang memegang peran penting dalam peningkatan mutu pembelajaran serta berkaitan dengan penentuan arah, isi dan proses pembelajaran serta menentukan kualifikasi lulusan lembaga pendidikan. upaya kurikulum dalam mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan, maka manajemen kurikulum memiliki peran penting dalam mewujudkan tujuan tersebut. Dengan adanya manajemen kurikulum yang baik melalui program ATM (Al Fath Teaching Methods) di SMP Islam Al Fath Pare tersebut dapat mencetak output yang bermutu dan berdaya saing di masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tahap-tahap manajemen kurikulum dalam meningkatkan mutu pembelajaran melalui program ATM (Al Fath Teaching Methods) yang dilakukan oleh SMP Islam Al Fath Pare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, sehingga hasil penelitian akan diolah dalam bentuk deskripsi. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum dan guru. Analisis data diperoleh melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Perencanaan dilakukan oleh tim penyusun kurikulum meliputi komite, yayasan, kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, seluruh guru. Aspek yang disusun meliputi landasan, tujuan, isi, strategi/ metode pembelajaran, sumber/ bahan ajar, dan standar evaluasi. 2) Pelaksanaan melalui program ATM merupakan program khusus untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa, hasil belajar meliputi nilai, keterampilan, sikap, kemampuan dan kepribadian yang jujur dan bertanggung jawab. 3) Evaluasi dilakukan oleh kepala sekolah terhadap guru melalui pengawasan/ supervisi kelas, pengamatan kepala sekolah untuk menilai kemampuan guru dalam menjalankan program dan kurikulum di kelas agar berjalan dengan baik. Evaluasi yang dilakukan guru terhadap siswa melalui post test setiap hari jum’at untuk mengukur kemampuan hasil belajar siswa selama satu minggu sebelumnya dan melalui try out kepada siswa kelas VII, VIII, dan IX setiap satu bulan sekali.
Actions (login required)
View Item |