Pengembangan Media Flipchart Pada Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I MI Miftahul Huda Ngreco

Safitri, Widiyana Nur (2022) Pengembangan Media Flipchart Pada Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I MI Miftahul Huda Ngreco. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932605818_prabab.pdf

Download (363kB)
[img] Text
932605818_bab1.pdf

Download (281kB)
[img] Text
932605818_bab2.pdf

Download (417kB)
[img] Text
932605818_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB)
[img] Text
932605818_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB)
[img] Text
932605818_bab5.pdf

Download (327kB)
[img] Text
932605818_daftarpustaka.pdf

Download (275kB)
[img] Text
932605818_suratpernyataanwidiyana.pdf

Download (135kB)

Abstract

ABSTRAK WIDIYANA NUR SAFITRI, Dosen Pembimbing Dr. Muhammad Ilman Nafiʻan, M.Pd. dan Choiru Umatin, M.Pd: Pengembangan Media Flipchart Pada Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I MI Miftahul Huda Ngreco. Tarbiyah, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2022. Kata Kunci: Pengembangan, Media Flipchart, Hasil Belajar, ADDIE Berdasarkan wawancara dengan guru kelas I-C MI Miftahul Huda Ngreco, peneliti mendapatkan temuan bahwa kelas I-C mengalami kesulitan belajar pada pembelajarn 6, subtema 1 (gemar berolahraga), tema 2 (kegemaranku), materi soal penjumlahan bentuk cerita. Dalam hal tersebut peneliti mengembangkan media flipchart, bentuk dari media ini seperti kalender akan tetapi dilapisi dengan plastik laminating untuk memudahkan siswa dalam mejawab soal dalam media tersebut. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian pengembangan yang biasa disebut dengan RnD (Research and Development). Penelitian ini mengacu pada model ADDIE yang mana pada model ini terdapat lima tahapan yakni: Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I-C yang terdiri dari 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, hasil tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil dari pengembangan media flipchart ini menunjukan bahwa materi dalam media sangat layak untuk digunakan. Hal tersebut dilihat dari hasil validasi materi diperoleh 92% dan 92%. Pada ahli media dapat diperoleh 82% dan 98% yang menujukan bahwa media sangat layak untuk digunakan. Kemudian dari ahli tes dapat diperoleh 93% menujukan bahwa media sangat layak untuk digunakan. Sedangkan dari respon siswa mendapat 22 siswa yang menyatakan media sangat layak dan yang 2 menyatakan bahwa media layak untuk digunakan. Hasil dari penggunaan media flipchart ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat bahwa nilai thitung : 6,484 dan ttabel (0,5;24) : 2,064 maka Ho ditolak Ha diterima. Jadi dengan menggunakan media Flipchart bentuk kalender dapat meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas I MI Miftahul Huda Ngreco.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Widiyana Nur Safitri
Date Deposited: 21 Jul 2022 06:29
Last Modified: 21 Jul 2022 06:29
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5115

Actions (login required)

View Item View Item